Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap dosen pembimbing skripsi dengan stress dalam menulis skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik cluster random sampling sebagai pengambilan subjek, yaitu sebanyak 116 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Pengambilan data dilakukan dengan 2 skala, yaitu skala stres dalam menulis skripsi dan skala persepsi mahasiswa terhadap dosen pembimbing. Skala stres dalam menulis skripsi terdiri dari 32 aitem dengan rentang daya beda tinggi berkisar antara 0,334 - 0,612. Skala persepsi mahasiswa terhadap dosen pembimbing terdiri dari 28 aitem dengan rentang daya beda tinggi berkisar antara 0,324 – 0,568. Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap dosen pembimbing skripsi dengan stress dalam menulis skripsi di uji dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil uji hipotesis koefisien korelasi diperoleh rxy= -0,251dengan taraf siginifikansi p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap dosen pembimbing dengan stres dalam menulis skripsi. Kata kunci : Persepsi mahasiswa terhadap dosen pembimbing, stres