PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL DI KELAS IV SD NEGERI TURITEMPEL
Daftar Isi:
- Penelitian ini berfokus pada siswa yaitu motivasi dan prestasi belajar pada materi bangga menjadi bangsa Indonesia. Rendahnya tingkat motivasi dan prestasi belajar dikarenakan kurangmya pemanfaatan metode pembelajaran di Sekolah Dasar terutama mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran The Learning Cell. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Turitempel yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan prestasi pada siklus I sebanyak 76% dengan kriteria motivasi baik sedangkan siklus II bertambah menjadi 86% dengan kriteria motivasi belajar siswa sangat baik. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I sebanyak 63%, sedangkan pada siklus II bertambah menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Turitempel. Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran The Learning Cell.