Terhambatnya Pengoperasian Kapal Akibat Kebocoran Tangki FO Double Bottom Di MT.Harmony Seven
Main Author: | MAULANA, RIZAL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.pip-semarang.ac.id/1398/1/1.%20PROSIDING%20MAULANA%20RIZAL.PDF http://repository.pip-semarang.ac.id/1398/ http://www.library.pip-semarang.ac.id |
Daftar Isi:
- Kapal adalah salah satu sarana transportasi yang sangat efisien, canggih kapal juga dirancang sedemikian sehingga dapat memnuhi kebutuhan yang diinginka. Peranan kapal sangat di butuhkan dalam eksport import barang dari suatu negara ke negara lain maupun sebagai mobilitas penduduk antar pulau, dalam menunjang kegiatan operasional kapal di butuhkan permesinan serta kondidi kapal yang baik dan layak jalan hal ini sangatlah mempengaruhi kelancaran pengoperasian kapal dan tercapainya order pelayaran. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kualitaf. Dalam hal ini penulis menggunakan metode SWOT. Swot adalah sebagai teknik analisa data untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengoperasian kapal akibat kebocoran tangki FO double bottom dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi faktor–faktor tersebut dengan mengidentifikasi kekuatankekuatan (strenghts), kelemahan-kelemahan (weaknesses), peluang-peluang (opportunities), serta ancaman-ancaman (threats) dari lingkungan secara sistematis untuk merumuskan strategi yang akan diambil. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa dampak kebocoran tangki FO double bottom terhadap pegoperasian kapal oleh dua faktor, yaitu 1) Terjadinya kandas 2) Adanya inspeksi membuat kapal delay Untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat dilakukan dengan penutupan retakan pada tangki, pengurasan secara rutin, dan dilakukan pengamatan tangki secara rutin, penambahan semen dan cor pada retakan tangki FO yang bocor. Kata Kunci: Double Bottom dan tangki FO