Daftar Isi:
  • Pemanfaatan teknologi informasi (TI) saat ini telah mencakup hampir segala bidang kehidupan dan menuntut kinerja manusia untuk dapat lebih cepat, mudah, serta diproses secara komputerisasi. Seperti proses pendataan ruangan yang umumnya menggunakan cara manual oleh admin. Cara manual memiliki beberapa kekurangan yaitu banyaknya waktu yang diperlukan untuk melakukan pencatatan data, maupun human error. Oleh karena itu Sistem ini dibuat agar dapat membantu admin dalam melakukan pengolahan data, seperti pendataan mahasiswa maupun dosen yang akan masuk pada ruangan 2. Prinsip kerja dari sistem ini adalah sebagai berikut admin yang memiliki akses masuk website terlebih dahulu melakukan login pada laman login, setelah berhasil login barulah admin dapat melakukan pengolahan data dari laman website. Dimulai dari user yang masuk melalui tag rfid dan keypad, jika data valid maka identitas mahasiswa/dosen dari tag rfid dapat tampil melalui tampilan data mahasiswa/data dosen, namun jika rfid tag belum terdaftar maka data tidak akan ditampilkan melalui laman website. Data masukkan berupa hasil inputan dari scan RFID tag, yang berisi identitas dari pengguna ruangan itu sendiri seperti nama, nim/nip, kelas, serta waktu mengakses ruangan tersebut. Data identitas tersebut nantinya akan terekam dalam database MySQL.