Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang
Main Author: | Utomo, Bian Rizky |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/19096 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Kualitas pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang” dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya pembuatan paspor yang tidak sesuai dengan waktu yang semestinya, kemudian sikap petugas yang kurang informatif dan kurang ramah terhadap para pemohon paspor yang datang dan juga salah satu fasilitas yaitu lahan parkir yang disediakan oleh Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang belum bisa menampung kendaraan para pemohon paspor secara keseluruhan. Maka dari itu, penulis ingin mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dimensi kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto yang terdiri dari sikap petugas, prosedur, waktu, fasilitas dan biaya pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan melalui observasi, studi kepustakaan dan penyebaran angket kepada 47 responden, dengan menggunakan teknik sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang telah terlaksana namun belum semuanya tercapai secara optimal karena dari keseluruhan dimensi hanya tiga yang termasuk ke dalam kategori tinggi yaitu dimensi sikap petugas, prosedur dan biaya. Kemudian dua dimensi lainnya termasuk ke dalam kategori sedang yaitu waktu dan fasilitas. Saran dari penelitian ini adalah kapasitas lahan parkir di Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang perlu diperluas mengingat jumlah pemohon paspor yang datang setiap hari cukup banyak. Dan juga meningkatkan fasilitas ruang tunggu bagi pemohon paspor yang hendak melakukan pembayaran melalui bank di dalam Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Excellent Service