PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA ( LKS )SAINS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES MATERI CAHAYA KELAS V SD
Main Authors: | Susanti, Mauhid, Salamah, Zuchrotus |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP UAD
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/7301/1/Mauhid%20Susanti-edit.pdf http://eprints.uad.ac.id/7301/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sains berbasis keterampilan proses yang layak untuk pembelajaran siswa dan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sains berbasis keterampilan proses materi cahaya. Penelitian dilakukan dengan mengunakan metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi mendapatkan kategori baik sekali dengan nilai 97, penilaian ahli media mendapatkan kategori baik dengan nilai 80 dan penilaian ahli pembelajaran mendapatkan kategori baik dengan nilai 77.Pada tahap uji coba produk (kelompok kecil), respon guru terhadap LKS mendapatkan kategori baik sekali dengan nilai 100 dan respon siswa mendapatkan kategori baik sekali dengan nilai 97. Sedangkan pada tahap uji coba pemakaian (kelompok besar) respon guru terhadap LKS mendapatkan kategori baik sekali dengan nilai 100 dan respon siswa mendapatkan kategori baik sekali dengan nilai 83. Sehingga Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sains berbasis keterampilan proses materi cahaya mendapatkan kategori baikdan layak digunakan serta diterapkan dalam pembelajaran.