Daftar Isi:
  • Media massa lahir sebagai alat komunikasi massa. Media massa berfungsi menyebarluaskan informasi berupa berita. Berita yang disajikan dalam media online harus memiliki tampilan yang memikat khalayak pembacanya, salah satunya dengan membuat layout pada rubrik yang ditujukan untuk menumbuhkan minat pembaca. Layout rubrik Bike To Work di media online Greeners.co dikemas dengan elemen teks, elemen visual, dan invisible element yang tersaji dengan tampilan tersendiri dari berbagai macam unsur yang disajikan untuk dapat mempengaruhi ataupun tidak terhadap minat baca anggota komunitas bersepeda. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pandangan anggota komunitas terhadap layout rubrik, minat baca anggota komunitas bersepeda dan pengaruh layout rubrik Bike To Work media online Greeners.co terhadap minat baca di kalangan anggota komunitas Federal Bandung Indonesia. Teori AIDDA (Attention-Interest-Desire-Decision-Action) dalam kaitannya dengan layout media online adalah menerapkan isi dari teori layout itu sendiri terhadap minat baca anggota komunitas bersepeda agar tumbuh minat untuk membaca rubrik Bike To Work media online Greeners.co. Tahapan komunikasi tersebut menjadi salah satu cara penyampaian pesan komunikasi media online Greeners.co kepada khalayak melalui tampilan visual pada layout rubrik Bike To Work. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini menitikberatkan pada pengaruh dua variabel, yaitu pengaruh layout rubrik Bike To Work sebagai variabel X terhadap minat baca anggota komunitas bersepeda sebagai variabel Y. Penelitian korelasional ini menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson's untuk pengukuran korelasi pada statistik parametrik. Untuk mengetahui derajat pengaruh menggunakan analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi dan uji t. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada 73 responden anggota komunitas bersepeda Federal Bandung Indonesia. Hasil penelitian tersebut bahwa pandangan anggota komunitas Federal Bandung Indonesia terhadap layout rubrik Bike To Work media online Greeners.co dan minat baca pada anggota komunitas Federal Bandung Indonesia berada pada kategori positif. Selain itu, pengaruh layout rubrik Bike To Work media online Greeners.co terhadap minat baca di kalangan anggota komunitas Federal Bandung Indonesia memiliki korelasi pada tingkat hubungan yang berbeda pada masing-masing variabel. Masing-masing variabel berada pada tingkat hubungan rendah hingga sedang atau moderat. Secara garis besar pengaruh layout rubrik Bike To Work media online Greeners.co terhadap minat baca anggota komunitas bersepeda cukup mempengaruhi minat baca anggota komunitas bersepeda, akan tetapi derajat variabelnya cukup rendah sebesar 23,1% minat baca anggota komunitas bersepeda dipengaruhi oleh layout dalam rubrik Bike To Work media online Greeners.co sedangkan sisanya 76,9% minat baca anggota komunitas bersepeda Federal Bandung Indonesia dipengaruhi oleh faktor lainnya.