Penerapan teori belajar Jean Piaget dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 101115 Sihaborgoan Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Bahriani, Devi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7625/1/1720500062.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7625/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori belajar Jean Piaget sudah diterapkan di Sekolah Dasar Negeri 101115 Sihaborgoan Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Seorang guru dapat memahami perkembangan anak pada tahap operasional konkrit (usia 7-12 tahun) dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan proses pembelajaran yang berkaitan dengan tahapan perkembangan oleh teori Jean Piaget. Dalam teorinya ada empat tahapan yang dilalui manusia yaitu tahap sensori motor, tahap praoperasional, tahap operasional konkrit, dan tahap operasional formal. Namun penerapan teori belajar Jean Piaget dalam proses pembelajaran masih ditemukan kesulitan dalam penerapannya. Kendalanya berupa materi yang terlalu tinggi dan bahasa Indonesia yang kirang dipahami oleh siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana tahapan perkembangan teori belajar Jean Piaget di Sekolah Dasar Negeri 101115 Sihaborgoan, Bagaimana penerapan teori belajar Jean Piaget pada tahap operasional konkrit di Sekolah Dasar Negeri 101115 Sihaborgoan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara yang digunakan guru dalam menerapkan teori belajar Jean Piaget. Jenis penelitian menggunakan Metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik teringulasi Hasil dari penelitian dalam tahap perkembangan teori Jean Piaget RPP yang Digunakan sudah sesuai dengan tahapan yang ada, untuk penerapan teori belajar Jean Piaget guru menemukan beberapa kesuliatan dalam menyampaikan pelajaran yaitu: materi terlalu tinggi, dan bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari menjadi hambatan dalam menyampaikan pelajaran. RPP yang digunakan oleh guru merupakan RPP K13 Luring sehingga tujuan pelajaran sudah jelas terlihat dan sesuai dengan tahapan perkembangan yang disampiakan oleh Jean Piaget. Guru menyampaikan pelajaran dengan bahasa yang mudah dipahami siswa.