Tanggung jawab dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan pengamalan ibadah siswa SD Negeri No 101490 Pagaranbira, Kecamatan Sosospan, Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Nasution, Helliyasofni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5585/1/07%20310%200044.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5585/ |
Daftar Isi:
- Pagaranbira, Kecaniatan Sosospan Kabupaten Padang Lawas” Sebagai pengajar atau pendidik guru merupakan salah satu kunci dalam mencapai kualitas pembelajaran. Tanpa guru yang profesional mutu pendidik akan mencapai hasil yang memuaskan agar pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien maka seorang guru hanis mengerjakan tugasnya penuh dengan rasa tanggung jawab. Untuk rnenghasilkan kualitas pembelajaran yang optimal guru hams bertanggung jawab dan berupaya dalam melaksanakan tugas. Penelitian mi berjudul “ Tanggung Jawab dan Upaya Guru Pendidikan Agama islam clalam Pembinaan Pengamalan lbadah Siswa di SD Negeri No. 101490 Pagaranbira Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas”. Bagaimana tanggung jawab guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan I badah Siswa di SD Negeri No 101490 Pagaranbira Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas, apa saja upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Ibadah siswa di SD Negeri No 101490 Pagaranbira Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas, bagaimana pengamalan ibadah siswa di SD Negeri No 101490 Pagaranbira Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Berdasarkan penelitian di atas maka tujuan penulisan skripsi mi adalah untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab guru Pendidikan Agama Islam dalam Pernbinaan I badah Siswa di SD Negeri No 101490 Pagaranbira Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas, untuk rnengetahui apa saja upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Ibadah siswa di SD Negeri No 101490 Pagaranbira Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas, dan untuk mengetahui bagaimana pengarnalan ibadah siswa di SD Negeri No 101490 Pagaranbira Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Untuk mengetahui hasil penulisan mi, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif scbagai sumber data primernya adalah guru pendidikan agama Islam, sedangkan sumber data sekundernya adalab kepala sekolah, staf tata usaha dan personil yang dibutuhkan dalam penelitian mi. Alat pengumpulan datanya adalah wawancara langsung dengan sumber data, kemudian observasi atau pengamatan langsung ke lapangan. Dan penelitian yang dilakukan dapat ditemukan hasil bahwa tanggung jawab dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Ibadah siswa sudah memadai mi dilihat dan upaya guru dalam membina ibadah siswa tersebut. Kalaupun ada dalam diii siswa faktor kemalasan, rendahnya ilmu pengetahuan dan faktor kelelahan bermain, tetapi itu bias diantisipasikan dengan upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam pembinaan ibadah siswa adalah memulai dan diii sendiri, menyediakan fasilitas dan mengadakan pendidikan agama Islam yang berkenaan dengan lbadah shalat, dan memberikan hukuman dan hadiah.