Pengaruh penggunaan media gambar terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII SMP N 1 Batang Onang

Main Author: Hasibuan, Masrawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5222/1/08%20330%200020.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5222/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggambarkan bahwa penggunaan media gambar dapat memberikan konsep dasar yang benar khususnya materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP N 1 Batang Onang. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII SMP N 1 Batang Onang. Maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap pemahaman konsep siswa tersebut. Penelitian ini diharapkan berguna bagi siswa, guru, mahasiswa, terutama peneliti sendiri untuk menambah khasanah ilmu dan wawasan khususnya seputar penggunaan media pembelajaran. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penggunaan media gambar terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan lingkaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori- teori yang berkaitan dengan pembelajaran, matematika, media pembelajaran, media gambar,pemahaman konsep dan lingkaran. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Batang Onang, dengan populasi seluruh kelas VIII SMP N 1 Batang Onang yang berjumlah 159 siswa dan sampel yang diambil secara random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dengan demikian instrumen yang digunakan adalah berupa angket dan tes. Penelitian ini memproleh hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII SMP N 1 Batang Onang dengan rhitung > rtabel atau 0,515 > 0,312 dalam kategori sedang. Untuk menguji kebenarannya dibuktikan dengan uji signifikan analisis regresi yaitu diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,845 > 4,105 dengan persamaan regresi Y = 64,373+0,32X. Konstribusi determinan sebesar 26,52% dan sisanya 73,48% ditentukan oleh faktor lain.