Pengaruh kualitas produk KPR Griya dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Muhammad Ilham
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3307/1/132200113.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3307/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan jumlah nasabah KPR Griya pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan yaitu pada tahun 2015 sampai 2016, sedangkan pada tahun 2017 sampai 2018 mengalami peningkatan. Namun, hal ini disebabkan karena persaingan antar bank yang semakin meningkat sehingga masih perlu untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan nasabah agar terwujudnya loyalitas nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat kualitas produk, kepuasan nasabah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang kualitas produk, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah. Kemudian penjelasan tentang KPR Griya. Kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk menunjukkan berbagai fungsi termasuk ketahanan, keterandalan, ketepatan dan kemudahan dalam penggunaan, Kepuasan Nasabah merupakan hasil evaluasi akhir dari seorang nasabah terhadap suatu produk perbankan dengan cara membandingkan produk tersebut dengan produk sejenis dari bank pesaing, apakah produk yang diterimanya sesuai dengan harapannya, Loyalitas Nasabah adalah sikap dari nasabah dalam menentukan pilihannya untuk tetap menggunakan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Sikap menentukan pilihan tersebut juga untuk membuat komitmen dan melakukan pembelian ulang pada perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 92 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPP versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk KPR Griya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel, kepuasan nasabah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel, sedangkan hasil uji secara simultan (Uji F) dapat disimpulkan bahwa kualitas produk KPR Griya dan kepuasan nasabah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai Fhitung > Ftabel.