Pembinaan nilai-nilai akhlak dalam kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal

Main Author: Amin, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3258/1/1623100171.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3258/
Daftar Isi:
  • Akhlak dalam Islam menempati kedudukan yang penting dan memiliki fungsi vital dalam memandu kehidupan masyarakat suatu bangsa. Madrasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal memiliki komitmen yang kuat dan kesungguhan dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler, sehingga menghasilkan prestasi yang membanggakan, menariknya lagi kegiatan ekstrakurikuler memberikan pengaruh yang positif terhadap pembinaan nilai-nilai akhlak peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bentuk kegiatan ekstrakurikuler, pembinaan nilai-nilai akhlak pada kegiatan ekstrakurikuler, dan faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan nilai-nilai akhlak di Madrasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini mengunakan metode kualitaif deskriptif dengan sumber data yaitu pimpinan pondok pesantren, kepala Madrasah Aliyah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Melalui penelitian ini ditemukan hasil bahwa bentuk kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan nilai-nilai akhlak yang dikembangkan di Madrasah Aliyah Mustafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal, yaitu kegiatan shalat fardhu secara berjama’ah, muhadarah, shalat sunat dhuha, dan tilawah al-Qur’an. Pembinaan nilai-nilai akhlak di Madrasah Aliyah dalam kegiatan ekstrakurikuler sudah berjalan dengan baik, beberapa indikasi yang menunjukan hal tersebut misalnya, kegiatan ekstrakurikuler sudah terprogram dengan baik kegiatan harian, mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan, waktu dan tempat pelaksanaan dijadwalkan secara teratur, pada umumnya dilaksanakan bertempat di madrasah dan di luar pada jam luar akademik, kegiatan ekstrakurikuler sudah beroreantasi pada proses pembinaan nilai-nilai akhlak, metode yang digunakan guru pembina dalam kegiatan ekstrakurikuler sudah bervariasi seperti metode ceramah, demonstrasi, teladan, diskusi, nasehat, dan evaluasi dalam pendidikan ekstrakurikuler dilakukan secara berkala. Faktor pendukung pendidikan ekstrakurikuler dalam pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Mustafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal meliputi sistem boarding school, tersedianya sarana pendidikan, semangat tinggi dan kerjasama warga sekolah, keteladanan guru dan pembina, lingkungan yang kondusif, dukungan orang tua, dan antusias peserta didik., Sedangkan hambatan pendidikan ekstrakurikuler dalam pembinaan akhlak peserta didik, yaitu: kurangnya prasarana, masih ada oknum pembina yang sibuk dengan kepentingan pribadi serta memiliki wawasan keislaman yang belum memadai, ada peserta didik yang kurang serius dan berkemampuan rendah.