Pengaruh penggunaan media grafis terhadap kemampuan representasi matematis siswa materi pokok bahasan geometri di kelas VII MTsN 4 Mandailing Natal
Main Author: | MT, Fatimah Sari Hamidi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2256/1/14%20202%2000087.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2256/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran disebabkan cara yang digunakan guru lebih sering dengan pembelajaran langsung atau masih monoton. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan media seperti media grafis agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan kemampuan representasi matematis siswa melihat apakah ada pengaruhnya terhadap media grafis. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu :”Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengunaan media grafis terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi pokok geometri di kelas VII MTsN 4 Mandailing Natal”. Serta yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media grafis terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi pokok himpunan di kelas VII MTsN 4 Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel secara random. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTsN 4 Mandailing Natal tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas sebanyak 292 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi itu yaitu kelas VII C sebanyak 32 siswa dan VII D sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chikuadrat, uji kesamaan varians dan uji- t. Hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen pada posttest yaitu 73,875 lebih baik dari rata-rata kelas kontrol yaitu 73, 562. Sedangkan hasil uji-t diperoleh yaitu 0, 060 < 1, 999 yang menunjukkan diterima. Jadi kesimpulannya tidak terdapat penggaruh signifikan penggunaan media grafis terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi geometri di kelas VII MTsN 4 Mandailing Natal.