Faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan menggunakan e-banking BSM Padangsidimpuan
Main Author: | Parulian, Pontas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2218/1/14%20401%2000156.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2218/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat mahasiswa untuk menggunakan E-Banking BSM Padangsidimpuan karena belum mengetahui akan manfaat dan kemudahan E-Banking BSM Padangsidimpuan tersebut, dari 2438 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan hanya 35% yang menggunakan E-Banking. Dimana masih banyak mahasiswa yang menggunakan cara yang manual yaitu dengan datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi baik dalam pembayaran uang kuliah dan melakukan transaksi yang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh faktor manfaat, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan menggunakan E-Banking BSM Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor manfaat, kemudahan penggunaan dan kepercayaan mempunyai pengaruh signifikan baik secara parsial dan simultan terhadap minat mahasiswa menggunakan E-Banking BSM Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang minat mahasiswa, TAM (Technologi Acceptence Model), manfaat, kemudahan penggunaan, kepercayaan dan E-Banking. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 96 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel adalah Probability sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel manfaat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (2,862 > 1,662), variabel kemudahan penggunaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa dengan nilai t hitung > ttabel (4,459 > 1,662) dan variabel kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (2,606 >1,662). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa variabel manfaat, kemudahan penggunaan dan kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa dengan Fhitung > Ftabel (87,15 > 2,47). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 73,1% variabel manfaat, kemudahan penggunaan dan kepercayaan mampu mempengaruhi minat mahasiswa dan 26,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.