Pengaruh model pembelajaran cooverative integrated reading & composotion (CIRC) terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Utara

Main Author: Sari, Lisda Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2140/1/12%20330%200067.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2140/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan mendasar yang dapat menumbuhkan penalaran siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SMPN 1 Panyabungan Utara, banyak siswa kelas VIII yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) itu terlihat dari siswa yang kesulitan dalam menentukan metode-metode SPLDV dan siswa juga kesulitan dalam memecahkan permasalahan sehari-hari terutama soal-soal yang berbentuk soal cerita dalam SPLDV. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh yang Signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooverative Integrated Reading & Composotion (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Utara. Penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan metode eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Utara yang terdiri dari 8 kelas yang berjumlah 173 orang dan sampelnya adalah kelas VIII-2 yang berjumlah 21 orang sebagai kelas eksprimen dan VIII-3 yang berjumlah 21sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Tes diberikan sebanyak dua kali yaitu (pretes) dan (postes). Sebelum tes digunakan dalam penelitian terlebih dahulu peneliti melakukan uji coba instrumen untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes. Teknik analisa data yang digunakan untuk melihat pengaruh teknik pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Utara adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 3.62 > ttabel = 2.021 dengan taraf signifikan 5% selain itu juga diperoleh hasil uji postes yang menunjukkan adanya peningkatan sebesar 66.67% pada kelompok eksperimen dan 33.33% pada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooverative Integrated Reading & Composotion (CIRC) terhadap hasil belajar matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Utara.