Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa bebelanja online di kalangan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Main Author: | Ramadhani, Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2130/1/132300104.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2130/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya pengguna internet dimasyarakat luas, tidak terkecuali dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan yang ditandai dengan meningkatnya minat mahasiswa berbelanja via online. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap minat beli mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap minat beli mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat beli, harga, promosi, kualitas produk dan jual beli online. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan regresi linear berganda. Pengambilan sampel secara acak berstarata (statified rendom sampling), dengan jumlah populasi 447 dan sampel 82 orang. Kemudian pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistic dengan bantuan proram SPSS versi 23. Berdasarkan deskriptip statistik, uji normalitas, uji linearitas, autokorelasi, dan analisisregresi linear berganda, dengan uji simultan(f) dan uji parsial(t) kemudian koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli yang dibuktikan dengan nilai thitung>ttabelyaitu sebesar 2,085 > 1,664, sedangkan untuk harga dan promosi secara parsial berpengaruh terhadap minat beli yang dibuktikan thitung>ttabel,untuk promosi sebesar 3,652 > 1,664 dan untuk kualitas produk sebesar 2,543 > 1,664. Sedangkan secara simultan variabel harga, promosi dan kualitas produk samasama berpengaruh terhadap minat beli, dibuktikan dengan hasil perhitungan yaitu sebesar 86,667 > 2,16 yang artinya secara simultan harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa harga, promosi dan kualitas produk memberi kontribusi sebesar 77,2% terhadap variabel minat berbelanja online, selain itu sisanya22,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari penelitian ini di peroleh kesimpulah bahwa harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat mahasiswa berbelanja online Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.