Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Akhlak Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Sidrap

Main Author: Aditiawan, Aji Restu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpare.ac.id/1629/1/15.1100.134.pdf
http://repository.iainpare.ac.id/1629/
Daftar Isi:
  • Intensitas penggunaan media sosial peserta didik merupakan gambaran seberapa lama dan seringnya seseorang menggunakan media sosial untuk berinteraksi, bekerja sama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain, dan membentuk ikatan sosial secara virtual. Akhlak merupakan aspek yang sangat diperhatikan dalam dunia pendidikan. Akhlak diperlukan tentunya Akhlakul Karimah baik itu kepada Allah swt Rasulullah saw, dan sesama manusia. SMA Negeri 6 Sidrap merupakan sekolah yang menekankan pada penanaman nilai-nilai moral dan agama pada peserta didik yang memiliki potensi dalam membangun akhlak peserta didk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan akhlak peserta didik jenis penelitian ini menggunakan survey dan desain korelasional yaitu sifatnya membahas hubungan yang terjadi antara dua variabel yang diteliti. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 176 orang kelas XI SMA Negeri 6 Sidrap, dimana jumlah sampel sebanyak 122 responden yang di dapatkan menggunakan rumus slovin. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil kajian menunjukkan bahwa : 1) Intensitas Penggunaan Media Sosial Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Sidrap adalah 83,70% berada pada kategori tinggi. 2) Akhlak Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Sidrap adalah 78,90% yang berada pada kategori sedang. 3) Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Akhlak Peserta didik menunjukkan nilai Sig 0,000 < 0,005 artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Hal ini berarti bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Akhlak Peserta Didik.berada pada kategori sedang.