Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul ”Peran guru PKn dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU karimunting kabupaten bengkayang ”. Fokus penelitian ini adalah “ Bagaimankah peran guru PKn dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang”. Selanj utnya fokus penelitian dirumuskan dalam beberapa sub masalah sebagai berikut:1)Bagimanakah program pengembangan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang:2)Bagaimanakah pelaksanaan pengembangan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang:3) Faktor-faktor apa sajakah yang mendukung peran guru PKn dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang ?Tujuan umum dari dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi sejelas-jelasnya tentang peran guru PKn dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu “ Peran gur u PKn dalam mengebangkan sikap peduli lingkungan”. Penelitian ini menggunakan met ode deskriptif, informan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang sebanya k 3 orang dan 1 orang guru PKn. Teknik pengumpulan data yang digunaka n adalah teknik observasi langsung, kominikasi langsung dan komunikas i tidak langsung dengan menggunakan panduan observasi, intrumen penelitian dan wawancara sebagai alat pengumpul datanya.Kesimpulan penelitian ini secara umum adalah bahwa guru PKn sangat berperan dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang. Secara khusus dapat disimpulkan bahwa program pengembangan siswa sika p peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang sudah dibuat untuk dilaksanakan. Selanjutnya, bahwa pelaksanaan pengembangan sikap peduli lingkungan kepada siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang telah dilaksanakan dengan baik. Kesimpulan lainnya adalah bahwa faktor-faktor yang mendukung peran gur u pkn dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang terdiri dari faktor intern dan ekstern sudah mendapat perhatian serius dari guru termasuk kendala-kendala yang dihadapi oleh guru sudah dapat diatasi dengan baik.Berdasarkan kesimpulan ya ng telah diuraikan sebelumnya, penulis menyarankan sebagai berikut: 1) Saran kepa da kepala sekolah agar meningkatkan perhatianya pada kondisi sekolah da n kemampuan guru untuk meningkatkan pendidikan sekolah. Dengan demikian diha rapkan proses pembelajaran yang berlangsung dapat mencapai keberhasilan seperti yang diinginkan:2) Saran kepada guru PKn, bahwa hendaknya guru berupaya keras untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang materi pembelajaran PKn. Selain itu, guru tidak hanya sebagai penyampai saja, namun juga harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan efektifitas belajar:3)Saran kepada siswa agar dapat mengikuti pelajaran PKn dan patuh kepada at uran yang sudah dibuat sekolah.