ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA SMA NEGERI 2 PAREPARE KELAS XI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI ANDERSON

Main Author: Andriani, Ita
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Makassar , 2019
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/10122
https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/10122/5863
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaian soal fisika kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan taksonomi Bloom revisi Anderson. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Parepare tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 62 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes soal pilihan ganda sebanyak 39 soal. Dengan teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata x = 22,24, standar deviasi = 3,03 dan varians 9,23 dengan perolehan skor tertinggi 31. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal fisika SMA Negeri 2 Parepare pada level mengingat dan memahami berada pada kategori tinggi sedangkan pada level menerapkan dan menganalisis berada pada level rendah.