IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bangaimana implementasi model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan kognitif siswa di SMK Negeri 2 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk pengembangan multimedia interaktif yang akan digunakan sebagai pendukung model pembelajaran SAVI, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model SAVI berbantuan multimedia interaktif, 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi experimental dengan desain control group design yang menggunakan 2 kelas sebagai objek penelitian. Banyaknya sampel yang digunakan adalah 70 orang yang diambil dari siswa kelas XI TKJ 1 sebagai kelas ekseprimen dan XI TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan yang didapatkan oleh kelas kontrol maupun kelas experimen kategori rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji gain yang menunjukan nilai gain pada kelas kontrol sebesar 0,17 sedangkan pada kelas experimen sebesar 0,29. Hal tersebut menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia interaktif dapat meningkatkan kognitif siswa pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan lebih tinggi yaitu sebesar 29% dibanding tanpa menggunakan multimedia yaitu sebesar 17%. Hasil penilaian berupa angket siswa terhadap multimedia menunjukan pada kategori sangat baik dengan memperoleh rata-rata nilai sebesar 82,16%. ------ The research is conducted to find out the implementation of SAVI learning model with interactive multimedia aid to increase students’ cognitive at SMK N 2 Bandung. The aims of this research are 1) for interactive multimedia development which will be used as SAVI learning model support, 2) to find out the increasing of student’ cognitive after use SAVI learning model with interactive multimedia aid, 3) to find out students’ response toward SAVI learning model with interactive multimedia aid. This research used quasi experimental method with control group design which used two class as research object. The sample of this research were seventy respondents that took from XI TKJ 1 students as experiment class and XI TKJ 2 as control class. The result of this research showed that experiment class had 0.17 from gain test and control class had 0.29 from gain test. It means that both class had low category in increasing students’ cognitive. It can be concluded that the implementation of SAVI learning model with interactive multimedia aid can increase students’ cognitive on Rancang Bangun Jaringan with 29% higher than not used multimedia only 17%. The result of students’ questionnaire toward multimedia showed in excellent category with average 82.16%.