Daftar Isi:
  • Penelitianinididasarkanpadapemikiranbahwakemampuanberpikirkreatifmatematisdankemandirianbelajarmerupakanhal yang mampudikembangkanmelaluipembelajaran yang baik.Salahsatupendekatan yang cocokuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematisdankemandirianbelajaradalahpendekaatanproblem based learning.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganmenggunakanpretest-posttest control group design.Adapunsampeldalampenelitianiniadalahpesertadidikkelas V SDN Talunsebagaikelaseksperimendan SDN Ketibsebagaikelaskontrol.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tes hasil belajar, skala sikap, format observasi kinerja guru, format observasi aktivitaspesertadidik, dan format wawancarapesertadidikkelaseksperimen.Hasilpenelitiandengantarafsignifikansi = 0,05menunjukkanbahwapembelajarankonvensionaldanpembelajaranproblem based learning dapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematissertakemandirianbelajarpesertadidik. Pendekatanproblem based learning lebihbaiksecarasignifikandibandingkanpendekatankonvensionaldalammeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematisdankemandirianpesertadidik. Terdapathubunganpositifantarapeningkatankemampuanberpikirkreatifmatematisdengankemandirianbelajar.Responpesertadidikpadapembelajaranproblem based learning yang disajikan guru tergolongbaik.