PENGARUH PENDEKATANPROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen terhadap PesertaDidik Kelas V SDN Talun dan SDN Ketib di Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang)
Daftar Isi:
- Penelitianinididasarkanpadapemikiranbahwakemampuanberpikirkreatifmatematisdankemandirianbelajarmerupakanhal yang mampudikembangkanmelaluipembelajaran yang baik.Salahsatupendekatan yang cocokuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematisdankemandirianbelajaradalahpendekaatanproblem based learning.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganmenggunakanpretest-posttest control group design.Adapunsampeldalampenelitianiniadalahpesertadidikkelas V SDN Talunsebagaikelaseksperimendan SDN Ketibsebagaikelaskontrol.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tes hasil belajar, skala sikap, format observasi kinerja guru, format observasi aktivitaspesertadidik, dan format wawancarapesertadidikkelaseksperimen.Hasilpenelitiandengantarafsignifikansi = 0,05menunjukkanbahwapembelajarankonvensionaldanpembelajaranproblem based learning dapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematissertakemandirianbelajarpesertadidik. Pendekatanproblem based learning lebihbaiksecarasignifikandibandingkanpendekatankonvensionaldalammeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematisdankemandirianpesertadidik. Terdapathubunganpositifantarapeningkatankemampuanberpikirkreatifmatematisdengankemandirianbelajar.Responpesertadidikpadapembelajaranproblem based learning yang disajikan guru tergolongbaik.