Implementasi SOA dalam Layanan Emall KUKM Studi Kasus Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI

Main Authors: Waas, Wiro Santoso; Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada, Nugroho, Lukito Edi; Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada, Riasetiawan, Mardhani; Ilmu Komputer dan Elektronika Universitas Gadjah Mada
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia , 2014
Online Access: http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/3232
http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/3232/2924
Daftar Isi:
  • Pemerintah melalui Kementerian Koperasi danUsaha kecil dan Menengah telah berupaya untuk meningkatkankualitas layanan dengan memanfaatkan teknologi informasi dankomunikasi melalui layanan Ecatalog satu atap. Secara umum,layanan tersebut telah dapat memenuhi kebutuhan promosiproduk dan pemasaran Koperasi dan Usaha kecil dan Menengah(KUKM). Namun untuk kemudahan transaksi membutuhkanadanya layanan otomatisasi validasi pendaftaran, keranjangbelanja, kasir, otomatisasi pembayaran, lacak kiriman online,dan informasi yang realtime. Layanan yang ada saat ini belumbisa mengakomodasi kebutuhan tersebut. Penelitian inibertujuan untuk mengimplementasikan Service OrientedArchitechture (SOA) dalam perancangan otomatisasi layananEcommerce satu atap yang terintegrasi dengan layanan terkait.Perancangan model sistem dilakukan dengan pemodelan UnifiedModelling Language(UML). Aplikasi dibangun dengan bahasapemrograman PHP, database MySQL dan webservice cURLuntuk integrasi sistem. Penelitian ini menghasilkan modelarsitektur impletentasi SOA sebagai solusi sistem terintegrasiantara Emall KUKM, bank, ekspedisi pengiriman, dan SMSgateway. Pengujian dilakukan dengan uji fungsional.