Perencanaan Sistem Manajemen Evaluasi Belajar Mahasiswa Berbasis Elearning Dengan Pendekatan Berorientasi Objek
Main Authors: | Sasongko, Muhammad Zuhdi, Sucipto, Sucipto, Daniati, Erna |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Respati Yogyakarta
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/2697/1/57201_0721029101.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2697/2/57201_0721029101_Similarity.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2697/3/57201_0721029101_PeerReview.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2697/ http://jti.respati.ac.id/index.php/jurnaljti/article/view/228 https://doi.org/10.35842/jtir.v13i2.228 |
Daftar Isi:
- Mahasiswa merupakan suatu tingkatan siswa yang tertinggi. Mahasiswa juga diharapkan sebagai agen perubahan dalam era perubahan zaman. Proses pembelajaran dari dosen ke mahasiswa ini perlu adanya pengukuran tingkat pemahaman. Pengukuran ini juga disebut dengan evaluasi. Proses evaluasi ini menemui kendala dalam pelaksanaannya. Kendala tersebut adalah mengenai koreksi yang dilakukan satu per satu dan prosesnya lama. Hal ini membutuhkan sistem informasi manajemen evaluasi belajar. Pengembangan sistem yang lebih baik direkomendasikan dengan menggunakan orientasi objek. Hal ini memiliki keunggunlan dalam hal kejelasan data, kemudahan pengembangan, dan mengurangi ambiguitas. Selain itu, perencanaan pengembangan perlu diakan dengan menganalisis kelemahan sistem menggunakan PIECES dan studi kelayakan yang mengacu pada aspek teknik, operasional, dan ekonomi. Pada penelitian ini menghasilkan dokumen analisis kelemahan sistem dan studi kelayakan berdasarkan teknik, operasionalm dan ekonomi. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai acuan awal pelaksanaan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Evaluai Belajar.