PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA RODA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD MUHAMMADIYAH 3 GRESIK

Main Author: SARI, NITA FITRIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/3346/1/ABSTRAK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3346/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3346/3/bab%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3346/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3346/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3346/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3346/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/3346/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Roda Pintar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Peserta Didik Kelas II SD Muhammadiyah 3 Gresik. Dibimbing oleh Ibu Nur Fauziyah, M.Pd dan Bapak Afakhrul Masub Bakhtiar, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita melalui pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media roda pintar pada peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 3 Gresik tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdapat sebanyak 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dalam bentuk tes, sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar tes untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerita Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan peningkatan keterampilan menulis cerita pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 84% atau 21 peserta didik yang tuntas. Sehingga pada siklus 1 telah mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 75%.