Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah Taperma PT. BPR Mitra Cemawis Mandiri Cerme-Gresik
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan pemasaran langsung terhadap loyalitas nasabah taperma PT. BPR Mitra Cemawis Mandiri Cerme Gresik. Penelitian ini menggunakan lima variabel independen yang terdiri atas periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan pemasaran langsung dan variabel dependen yang berupa loyalitas nasabah Taperma PT. BPR Mitra Cemawis Mandiri Cerme Gresik. Penelitian ini dilakukan di PT. BPR Mitra Cemawis Mandiri Cerme Gresik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling incidental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel periklanan belum mampu mempengaruhi loyalitas nasabah Taperma PT. BPR Mitra Cemawis Mandiri Cerme Gresik.Variabel promosi penjualan belum mempengaruhi loyalitas nasabah Taperma PT. BPR Mitra Cemawis Mandiri Cerme Gresik. Variabel hubungan masyarakat belum mempengaruhi loyalitas nasabah Taperma PT. BPR Mitra Cemawis Mandiri Cerme Gresik. Sedangkan variabel penjualan personal dan pemasaran langsung berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Taperma PT. BPR Mitra Cemawis Mandiri Cerme Gresik. Dan variabel periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan pemasaran langsung secara bersama-sama mempengaruhi loyalitas nasabah taperma PT. BPR Mitra Cemawis Mandiri Cerme Gresik.