Pengaruh model pembelajaran learning cycle 6e terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Elan Artono Nurdin

Main Author: Nurdin, Elan Artono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/62306/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurdinElanArtono.2015.PengaruhModelPembelajaranLearningCycle6ETerhadapHasilBelajarGeografiSiswaSMA.TesisPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)Dr.BudijantoM.Sos.KataKuncimodellearningcycle6EhasilbelajarModelPembelajaranlearningcycle6Emerupakansalahsatumodelpembelajaranyangberorientasipadapembelajarankonstruktivistikyaknisiswamengkonstruksipengetahuannyasendiridanterlibataktif.Modelpembelajaranlearningcycle6Ememilikitahapan-tahapanlebihrincidanlebihspesifikkarenamemberikanarahdantujuanpadasetiapfasesehinggamemungkinkansiswasemakintermotivasiuntukberpikirdanberpotensiuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengujipengaruhmodelpembelajaranlearningcycle6EterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.SubjekpenelitianiniadalahsiswaKelasXSMAKemalaBhayangkari3Porongsemestergenaptahunajaran2014/2015yangterdiri2kelas.KelasX-IIS3ditetapkansebagaikelaseksperimendankelasX-IIS2sebagaikelaskontrol.Halinikarenasiswa/ipadakeduakelasinimemilikikemampuanyangsamaatausetaraberdasarkannilaiUTS.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)dengandesainNonEquivalentControlGroupDesign.Instrumenpenilaianhasilbelajarmenggunakantesesai.Hasilpenilaianberupadatayangselanjutnyadianalisismenggunakant-testdenganbantuanprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianinimenunjukkanadapengaruhsignifikanmodellearningcycle6Eterhadaphasilbelajargeografisiswa.Berdasarkanselisihpretestdanpostestmenunjukkanbahwanilairata-ratagainscorekelaseksperimen(4183)lebihtinggidaripadakelaskontrol(3462).Hasilanalisisdatamenggunakanujiindependentsamplettestmenunjukkanbahwamodellearningcycle6Ediperolehnilaiprobability(p-level)lebihkecildari005yaitudengansig000.Kesimpulandalampenelitianinibahwamodelpembelajaranlearningcycle6EberpengaruhterhadaphasilbelajargeografisiswaSMA.Halinidikarenakansiswatermotivasiuntukmenjadilebihaktifpadapembelajaransiswadapatmenemukankonsepsecaralangsungmelaluipengumpulaninformasisiswaberaniuntukmengkomunikasikanataumenjelaskankonsepdengankalimatdanbahasanyasendirisiswalebihtertarikmengikutipelajarankarenatelahmenguasaikonsepdandapatmenumbuhkansikapilmiahsiswadisetiappertemuan.