Perbedaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar KKPI kelas XI di SMK Negeri 1 Singosari / Galih Amirul Rohmad
Main Author: | Galih Amirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46641/ |
Daftar Isi:
- KataKunciSTADPembelajaranBerbasisProyekCTLHasilbelajarBerdasarkansilabusdanrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)matapelajaranKKPIkelasXIdiSMKNegeri1SingosaridiperolehinformasibahwapembelajaranKKPImenggunakanmetodeCTL(ContextualTeachingLearning)tetapipadakenyataannyamasihbanyakmenggunakanceramahdandiskusikonvensionalsehinggahasilbelajaryangdiperolehsedikitdiatasKKM.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswaantarayangmenggunakanpembelajaranmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padapembelajaranberbasisproyekdenganpembelajaranCTL.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudanmenggunakantipepretest-posttestnon-equivalentcontrolgroupdesign.SampelpadapenelitianiniadalahkelaskelasXITGB2(26siswa)sebagaikelaseksperimendankelasXITOI1(30siswa)sebagaikelaskontrol.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifdananalisisstatistikinferensial.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatiftipeSTADpadapembelajaranberbasisproyekdanCTL.HasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankooperatiftipeSTADpadapembelajaranberbasisproyeklebihtinggidaripadasiswayangdiajardenganpembelajaranCTL.Untukhasilbelajarpadakelaseksperimendiperolehnilairata-rata(8128)lebihtinggidarikelaskontrol(7727)denganselisihsebesar401poin.SehinggadisimpulkanbahwaterdapatperbedaaanpembelajarandenganmenggunakanpembelajarankooperatiftipeSTADpadapembelajaranberbasisproyekdenganpembelajaranCTL.