Perbedaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar KKPI kelas XI di SMK Negeri 1 Singosari / Galih Amirul Rohmad

Main Author: Galih Amirul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/46641/
Daftar Isi:
  • KataKunciSTADPembelajaranBerbasisProyekCTLHasilbelajarBerdasarkansilabusdanrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)matapelajaranKKPIkelasXIdiSMKNegeri1SingosaridiperolehinformasibahwapembelajaranKKPImenggunakanmetodeCTL(ContextualTeachingLearning)tetapipadakenyataannyamasihbanyakmenggunakanceramahdandiskusikonvensionalsehinggahasilbelajaryangdiperolehsedikitdiatasKKM.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswaantarayangmenggunakanpembelajaranmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padapembelajaranberbasisproyekdenganpembelajaranCTL.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudanmenggunakantipepretest-posttestnon-equivalentcontrolgroupdesign.SampelpadapenelitianiniadalahkelaskelasXITGB2(26siswa)sebagaikelaseksperimendankelasXITOI1(30siswa)sebagaikelaskontrol.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifdananalisisstatistikinferensial.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatiftipeSTADpadapembelajaranberbasisproyekdanCTL.HasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankooperatiftipeSTADpadapembelajaranberbasisproyeklebihtinggidaripadasiswayangdiajardenganpembelajaranCTL.Untukhasilbelajarpadakelaseksperimendiperolehnilairata-rata(8128)lebihtinggidarikelaskontrol(7727)denganselisihsebesar401poin.SehinggadisimpulkanbahwaterdapatperbedaaanpembelajarandenganmenggunakanpembelajarankooperatiftipeSTADpadapembelajaranberbasisproyekdenganpembelajaranCTL.