Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) pada mata pelajaran IPS sub mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang / Wuri Agustina
Main Author: | Agustina, Wuri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38928/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelPembelajaraStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)hasilbelajarPTK.Perkembanganilmupengetahuandanteknologiakanmembawaperubahanpadabanyakaspekkehidupanmanusia.Perkembanganilmupengetahuantersebutkitaperlumenyiapkansumberdayamanusiayangberkualitassertaberdayasainguntukmencapaikesejahteraan.Suatupendidikandikatakanberkualitasapabilapembelajarandapatberlangsungsecaraefektif.Namunselamainibanyaksekalianggapanbahwapengatahuanyangdiperolehhanyalahseperangkatfakta-faktayangdihafalolehsiswakarenapembelajarandikelaskebanyakanmasihberfokuspadagurusebagaisumberutamapengetahuanataudengankatalainsuasanakelascenderungbersifatTeacherCentereddimanaperangurubersifataktif.Sementaraituperansiswapadaprosespembelajaranbersifatpasif.BardasarkanhasilpengamataawaldiSMPNegeri17Malangpembelajaranmasihsecarakonvensionalyangartinyamasihberpusatpadaguruhalinimengakibatkansiswahanyamenghafaldanbekerjasecaraproseduralsiswajugaakanmerasajenuhkarenaperangurudalampembelajaranterlaludominansehinggabanyaksiswayangkurangaktifdalambelajar.SehinggayangbisadilakukanolehguruadalahdiperlukanmodelpembelajaranyanglebihmemberikanpeluangkepadasiswauntukmengaktualisasikandiridenganmemberdayakanpotensiyangdimilikisiswasalahsatunyamenggunakanmodelpembelajaranStudentFacilitatorAndExplaining.StudentFacilitatorAndExplainingStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)yangdilakukandalammatapelajaranIPSSub.MataPelajaranEkonomikelasVIIIEdiSMPNegeri17Malangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.DibuktikandenganjumlahsiswayangtuntaspadasiklusIsebanyak36siswa(818%)yangbelumtuntas8siswa(182%).SedangkanpadasiklusIIsiswayangtuntassebanyak41siswa(931%)yangbelumtuntas3siswa(69%).Kritriaketuntasanminimal(KKM)adalah65sedangkanKKMklasikal85%darijumlahkeseluruhansiswa.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakapenerapanmodelpembelajaranStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.KemudiansarandalammenerapkanmodelStudentFacilitatorAndExplainingapatmenjadialternatifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswaselainitupenerapanmodelpembelajaranSFAEhendaknyadisesuaikandenganmateriyangakandiajarkanolehguru.Bagipenelitiselanjutnyadisarankanagartidakhanyamenilaihasilbelajartapijugamenilaisegalaaktivitasataukeaktifansetiapsiswadalammelaksanakanlangkah-langkahmodelini.merupakanmodelpembelajarandimanasiswa/pesertadidikbelajarmempersentasikanide/pendapatpadarekanpesertadidiklainnya.Modelpembelajaraniniefektifuntukmelatihsiswaberbicarauntukmenyampaikanide/gagasanataupendapatsendiri.PenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)dengantujuanuntukdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswayangdiperolehdaritesakhirbelajar.PenelitianTindakankelasinidilaksanakanselamaduasiklustiapsiklusnyaterdiridariduakalipertemuandansetiapsiklusnyaterdiridari4tahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIESMPNegeri17Malangyangterdiridari44siswa.Langkah-langkahmodelpembelajaraniniadalahkelasdibagimenjadibeberapakelompokyangterdiridari5-6siswadalamsatukelompokkemudiangurumenbagikanhandoutsebagaibahandiskusi.SelanjutnyasiswamajukedepankelasuntukmenjelaskanmateriyangtelahdidiskusikanbersamakelompoknyadimanapadakegiataninisiswaberperansebagaiFacilitatorandExplaining.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodel