Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK PGRI Turen Kabupaten Malang tahun ajaran 2015/2016 / Winda Zarina Maulida

Main Author: Maulida, Winda Zarina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/29040/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMaulidaWindaZarina.2016.PengaruhMotivasiBelajardanKedisiplinanBelajarTerhadapHasilBelajarMataPelajaranProduktifSiswaKelasXBidangKeahlianBisnisdanManajemenSMKPGRITurenKabupatenMalangTahunAjaran2015/2016.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WeningPatmiRahayuS.PdM.M(II)Dr.AniekIndrawatiS.Si.M.M.KataKunciMotivasiBelajarKedisiplinanBelajarHasilBelajarSiswaMotivasibelajardankedisiplinanbelajaradalahduafaktoryangmemilikipengaruhuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Siswayangmemilikimotivasibelajaryangkuatakanmempunyaikeinginanuntukmelaksanakankegiatanbelajarmengajardemimenggapaitujuannya.Semakinkuatmotivasiyangdimilikisiswaakanmendorongsiswabelajarlebihgiatlagidanfrekuensibelajarnyamenjadisemakinmeningkat.Selainitusiswayangmenerapankandisiplinbelajaryangtinggiakandapatmendorongmemotivasidanmenimbulkanrasainginbersaingsiswadengantemannyauntukmeraihhasilbelajaryangmaksimal.Penelitianinidilaksanakanuntukmengetahui(1)Deskripsimotivasibelajarkedisiplinanbelajardanhasilbelajarsiswa(2)Pengaruhmotivasibelajardankedisiplinanbelajarterhadaphasilbelajarsiswasecaraparsialdansimultan.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdanjenispenelitiandeskriptifkorelational.Variabelbebaspenelitianadalahmotivasibelajar(X1)dankedisiplinanbelajar(X2)variabelterikatnyaadalahhasilbelajarsiswa(Y).PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXbidangkeahlianBisnisdanManajemenSMKPGRITurenKabupatenMalangtahunajaran2015/2016yangterdiridari101siswamenggunakanproportionalrandomsamplingyangberjumlah81siswa.Teknikpengumpulandatamenggunakankuesionertertutupyangsudahdiujivaliditasdanreliabilitasnya.TeknikanalisismenggunakananalisisstatistikdeskriptifujiasumsiklasikdananalisisregresilinearbergandadenganbantuansoftwareSPSS21forWindows.Hasildaripenelitianini(1)Motivasibelajarsiswatermasukdalamkategoritinggikedisiplinanbelajarsiswatermasukdalamkategoritinggidanhasilbelajarsiswatermasukdalamkategoribaik(2)Motivasibelajarberpengaruhpositifdansignifikansecaraparsialterhadaphasilbelajarsiswa(3)Kedisiplinanbelajarberpengaruhpositifdansignifikansecaraparsialterhadaphasilbelajarsiswa(4)Motivasibelajardankedisiplinanbelajarberpengaruhpositifdansignifikansecarasimultanterhadaphasilbelajarsiswa.Berdasarkanuraiandiataspenelitimenyarankanbahwa(1)GurulebihmemberikanmotivasipadasiswasupayagiatbelajarsecararutinmisalnyadenganmemberikansiswaPR(2)Siswaharusmemotivasidirisendiriuntukbersungguh-sungguhmengikutipembelajarantidakmenunda-nundamengerjakantugasyangdiberikangurulebihpercayadengankemampuandirisendiridalammengerjakantugasdanmembiasakanbelajarsecararutin(3)OrangtualebihmengarahkanmendukungdanmengontrolanaknyauntukbelajarsecaraefektifdanefisiensepertimembiasakanmembacalagicatatanpelajaransepulangsekolahdanmengerjakanPRdirumah(4)Penelitiselanjutnyadiharapkandapatmenggalilagimengenaifaktor-faktorlainyangdapatmempengaruhihasilbelajarsiswa.