Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tosari Pasuruan / Nike Yuanita

Main Author: Yuanita, Nike
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24846/
Daftar Isi:
  • Katakuncipembelajarankooperatifthinkpairsharemotivasibelajarhasilbelajar.Pencapaiantujuanpendidikanberdasarkan(KTSP)yangsedangdilaksanakanperluadanyasuatustrategipembelajaranyangsesuai.Thinkpairshare(TPS)merupakanmodelpembelajaranyangsesuaidengantuntutankurikulum.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanapenerapanPembelajaranKooperatifModelThinkPairShareuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVII-ASMPNegeriTosariPasuruan.JenispenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.Setiapakhirsiklusdilakukanpenilaianuntukmengetahuiadatidaknyapeningkatanmotivasibelajarsiswa.TindakanyangdiberikanberupapenerapanmodelThinkPairSharesebagaiupayamemperbaikihasilbelajardanmeningkatkanmotivasi.Motivasibelajardianalisissecaradeskriptifberdasarkantarafkeberhasilantindakansedangkanhasilbelajardianalisisberdasarkantingkatpemahamankognitifnya.Hasilkognitifditentukandariskorperolehandarihasilterspadaakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelthinkpairsharedapatdigunakanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswamatapelajaranBiologikompetensidasarKlasifikasiMakhlukHidup.Haliniditunjukkandenganmeningkatnyaaktivitassiswayangmenjadiindikatormotivasiyaituperhatianwaktubelajarusahairamaperasaandanpenampilan.Demikianhalnyadenganhasilbelajarsiswayangdiukurberdasarkanketuntasanklasikalmaupunindividuyangsemakinmeningkatdarisikluskesiklus.KondisitersebutmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelthinkpairsharedapatdigunakanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranBiologipadakompetensidasarKlasifikasiMakhlukHiduppadasiswakelasVII-ASMPNegeriTosariPasuruan.OlehkarenaitudisarankanbagiguruyangmemilikimasalahdalampembelajaranyangsamasebaiknyamenerapkanpembelajarankooperatifmodelTPSkarenatelahterbuktidapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PenelitiberikutnyasebaiknyamenerapkanpembelajarankooperatifmodelTPSyanglebihmenarikbagisiswasehinggadapatmeningkatkanmotivasisiswamenjadilebihoptimal.