Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tosari Pasuruan / Nike Yuanita
Main Author: | Yuanita, Nike |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24846/ |
Daftar Isi:
- Katakuncipembelajarankooperatifthinkpairsharemotivasibelajarhasilbelajar.Pencapaiantujuanpendidikanberdasarkan(KTSP)yangsedangdilaksanakanperluadanyasuatustrategipembelajaranyangsesuai.Thinkpairshare(TPS)merupakanmodelpembelajaranyangsesuaidengantuntutankurikulum.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanapenerapanPembelajaranKooperatifModelThinkPairShareuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVII-ASMPNegeriTosariPasuruan.JenispenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.Setiapakhirsiklusdilakukanpenilaianuntukmengetahuiadatidaknyapeningkatanmotivasibelajarsiswa.TindakanyangdiberikanberupapenerapanmodelThinkPairSharesebagaiupayamemperbaikihasilbelajardanmeningkatkanmotivasi.Motivasibelajardianalisissecaradeskriptifberdasarkantarafkeberhasilantindakansedangkanhasilbelajardianalisisberdasarkantingkatpemahamankognitifnya.Hasilkognitifditentukandariskorperolehandarihasilterspadaakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelthinkpairsharedapatdigunakanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswamatapelajaranBiologikompetensidasarKlasifikasiMakhlukHidup.Haliniditunjukkandenganmeningkatnyaaktivitassiswayangmenjadiindikatormotivasiyaituperhatianwaktubelajarusahairamaperasaandanpenampilan.Demikianhalnyadenganhasilbelajarsiswayangdiukurberdasarkanketuntasanklasikalmaupunindividuyangsemakinmeningkatdarisikluskesiklus.KondisitersebutmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelthinkpairsharedapatdigunakanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranBiologipadakompetensidasarKlasifikasiMakhlukHiduppadasiswakelasVII-ASMPNegeriTosariPasuruan.OlehkarenaitudisarankanbagiguruyangmemilikimasalahdalampembelajaranyangsamasebaiknyamenerapkanpembelajarankooperatifmodelTPSkarenatelahterbuktidapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PenelitiberikutnyasebaiknyamenerapkanpembelajarankooperatifmodelTPSyanglebihmenarikbagisiswasehinggadapatmeningkatkanmotivasisiswamenjadilebihoptimal.