Efektifitas penerapan metode inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kimia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa klas XI IPA SMA Negeri 1 Gondanglegi pada pokok bahasan hidrolis garam / Dattin Octadhia
Main Author: | Octadhia, Dattin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23584/ |
Daftar Isi:
- KatakunciInkuiriterbimbingkemampuaninkuiriterbimbingmotivasibelajarhasilbelajar.Kimiamerupakansalahsatumateriyangbersifatabstrakdimanadidalamnyaterdapatberanekaragammateriyangmeliputifaktaaturankonsephukumprinsipdanteori.Sehinggadalampembelajarankimiagurudiharapkanmampumemilihmetodepembelajaransehinggasiswaturutaktifdalampembelajarandanbelajarmencarikonsep-konsepkimia.Salahsatumetodepembelajaranyangbersifatkonstruktivistikdansesuaidenganprinsipkimiaadalahmetodeinkuiriterbimbing.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengkajiperbedaanhasilbelajarsiswadanmotivasibelajarsiswakelasXIIPASMANegeri1Gondanglegiyangdibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingdanyangdibelajarkandenganmetodekonvensional.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemudanrancangandeskriptif.PopulasidansampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1Gondanglegi.Kelaseksperimendibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingdankelaskontroldenganmetodekonvensional.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupainstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.Darihasilujicobateshasilbelajarkognitifsiswadiperoleh15soalvaliddengantingkatreliabilitas0852.PerbedaanhasilbelajarkelaskontroldankelaseksperimendianalisidenganujiMann-WhitneyUpadatarafsignifikansi945005.Untukmemperolehgambaransecaranyatatentangmotivasikemampuaninkuiriiterbimbingafektifdanpsikomotordideskripsikansecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanmetodeinkuiriterbimbinglebihefektifdaripadametodekonvensionaldalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterihidrolisisgaramdimanahasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbinglebihtinggi(789)daripadasiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional(640)(2)penerapanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingmemberikanpengaruhpositifterhadapkemampuaninkuirisiswahalinidapatdilihatdarirata-rataketercapaiankemampuansiswadalammenyusunhipotesisanalisisdatadanmengevaluasihipotesisyangsemakinmeningkatselama3kalipertemuan(3)motivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodeinkuiriterbimbinglebihtinggidaripadamotivasisiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional.