Efektifitas penerapan metode inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kimia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa klas XI IPA SMA Negeri 1 Gondanglegi pada pokok bahasan hidrolis garam / Dattin Octadhia

Main Author: Octadhia, Dattin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23584/
Daftar Isi:
  • KatakunciInkuiriterbimbingkemampuaninkuiriterbimbingmotivasibelajarhasilbelajar.Kimiamerupakansalahsatumateriyangbersifatabstrakdimanadidalamnyaterdapatberanekaragammateriyangmeliputifaktaaturankonsephukumprinsipdanteori.Sehinggadalampembelajarankimiagurudiharapkanmampumemilihmetodepembelajaransehinggasiswaturutaktifdalampembelajarandanbelajarmencarikonsep-konsepkimia.Salahsatumetodepembelajaranyangbersifatkonstruktivistikdansesuaidenganprinsipkimiaadalahmetodeinkuiriterbimbing.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengkajiperbedaanhasilbelajarsiswadanmotivasibelajarsiswakelasXIIPASMANegeri1Gondanglegiyangdibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingdanyangdibelajarkandenganmetodekonvensional.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemudanrancangandeskriptif.PopulasidansampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1Gondanglegi.Kelaseksperimendibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingdankelaskontroldenganmetodekonvensional.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupainstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.Darihasilujicobateshasilbelajarkognitifsiswadiperoleh15soalvaliddengantingkatreliabilitas0852.PerbedaanhasilbelajarkelaskontroldankelaseksperimendianalisidenganujiMann-WhitneyUpadatarafsignifikansi945005.Untukmemperolehgambaransecaranyatatentangmotivasikemampuaninkuiriiterbimbingafektifdanpsikomotordideskripsikansecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanmetodeinkuiriterbimbinglebihefektifdaripadametodekonvensionaldalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterihidrolisisgaramdimanahasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbinglebihtinggi(789)daripadasiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional(640)(2)penerapanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingmemberikanpengaruhpositifterhadapkemampuaninkuirisiswahalinidapatdilihatdarirata-rataketercapaiankemampuansiswadalammenyusunhipotesisanalisisdatadanmengevaluasihipotesisyangsemakinmeningkatselama3kalipertemuan(3)motivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodeinkuiriterbimbinglebihtinggidaripadamotivasisiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional.