Hubungan antara self efficacy, self esteem dan perilaku prokrastinasi siswa Madrasah Aliyah Negeri di Malang Raya / Friska Putrisari
Main Author: | Putrisari, Friska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2322/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANPutrisariFriska.2017.HubunganantaraSelfEfficacySelfEsteemdanPerilakuProkrastinasiSiswaMadrasahAliyahNegeridiMalangRaya.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniveritasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.IM.HambaliM.Pd.(II)Dr.DanyMoenindyahHandariniM.A.KatakunciselfefficacyselfesteemprokrastinasisiswaMANProkrastinasimerupakankecenderunganseseoranguntukmenunda-nundamengerjakanataumenyelesaikantugasyangsedangiahadapiyangpadaakhirnyanantiakanmenimbulkankecemasankarenapadaakhirnyatugastidakterselesaikandengantepatwaktudanmaksimalataubahkangagalmenyelesaikannya.Faktorpenyebabprokrastinasidiantaranyaadalahperilakuselfefficacydanselfesteem.Selfefficacyadalahkeyakinanseseorangakankemampuannyauntukmenyelesaikantugas.Selfesteemadalahprosesevaluasiyangditujukanindividupadadirisendiriyangnantinyaberkaitandenganprosespenerimaanindividuterhadapdirinya.SiswaMadrasahAliyahmemilikikecenderunganmelakukanprokrastinasimengingatpendidikandiMadrasahAliyahmenuntutsiswauntuklebihmenguasaiilmuagamasecaramendalamharusmenempuhmatapelajaranlebihbanyakdanmemilikijambelajarlebihlamadisekolah.UntukitupenelitianinibertujuanuntukmengetahuiadakahhubunganantaraselfefficacydanselfesteemdenganperilakuprokrastinasisiswaMadrasahAliyahNegeridiMalangRaya.Penelitianinijugaakanmelihathubungansecaraparsialantaraselfefficacydenganprokastinasidanselfesteemdenganprokrastinasi.Penelitianinimenggunakanlangkah-langkahdalampendekatankuantitatifkorelasijenisregresibergandayaitu(1)merumuskanmasalahdanmenentukantujuanpenelitian(2)menentukankonsepsertapenggaliankajianpustaka(3)mengambilsampel(4)membuatdanmenyusuninvetory(5)melakukanujilapangan(6)mengolahdata(7)menganalisisdanmelaporkan.Instrumenyangdigunakanpenelitidalambentukskaladanterdiridaritigaskala.PertamaskalaselfefficacyyaituChildrensPreceivedAcademicSelf-EfficacySubscalefromTheMorgan-JinksStudentEfficacyScale(MJSES)yangdikembangkanJinksdanMorgan(1999)yangtelahditerjemahkanterlebihdahulusebelumnya.KeduaskalaselfesteemyaituTheCoopersmithSelfEsteemInventory(CSEI)yangdiadaptasidariMangantes(2005).KetigaskalaprorastinasiyaituskalaprokrastinasiyangdisusunberdasarkanteoiFerrariyangdiadaptasidariUke(2016).TeknikanalisisdatamenggunakananalsisdeskriptifuntukmenentukanfrekuensipersentasedanstandardeviasiselainitujugadigunakanteknikanalisiskorelasiregresibergandauntukmelihathubunganantarvariabelanalisisdilakukandenganbantuanprogramSPSS23.0forwindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatingkatselfefficacyselfesteemdanprokrastiansisiswaMadrasahAliyahtermasukdalamtingkatansedang.Hasilujihipotetikmenunjukkanbahwahubunganantaraselfefficacydanselfesteemmemilikihubungansecarasignifikandengannilaip000.HubunganantarvariabeltermasukkedalamkriteriasedangdengannilaiR432.Perhitungansecaraparsialdidapatkanhasilyaituhubunganantaraselfefficacydenganprokrastinasimemilikihubunganyangsangatsignifikandengannilaip015.Hubungankeduanyamasukkedalamkriteriarendahdengannilair-2443.Sedangkanantaraselfesteemdenganprokrastinasimemilikihubungansangatsignifikandengannilaip000.Hubungankeduanyatermasukdalamkriteriatinggidengannilair-8056.Darihasilujidapatdiartikanbahwaterjadihubunganyangnegatifantarvariabelmaksudanyaadalahjikaselfefficacydanselfesteemtinggimakaprokrastinasirendahsebaliknyajikaselfefficacydanselfesteemrendahmakaprokrastinasitinggi.Selfefficacydanselfesteemmemilikikontribusisebesar187%dalamterbentuknyaperilakuprokrastinasi.Halinimenunjukkanbahwaselfefficacydanselfesteemmenyumbang187%pengaruhuntukterbentuknyaperilakuprokrastinasi.Saranuntukkonselorberdasarkanpenelitianiniadalahagarkonselordapatmembantumeningkatkanselfefficacydanselfesteemuntukmencegahperilakuprokrastinasipadasiswa.sedangkanuntukpenelitiselanjutnyaadalahagardapatmengembangkanprodukataumediauntukpeningkatanselfefficacydanselfesteemyangbertujuanmengurangidanmencegahperilakuprokrastinasipadasiswa.SUMMARYPutrisariFriska.2017.CorelationbetweenselfefficacyselfesteemandprocrastinationbehavioramongMANStudentinMalang.ThesisDepartmentofGuidanceandCounselingFacultyofEducationTheStateUniversityofMalang.Supervisor(1)Dr.H.IM.HambaliM.Pd.(II)Dr.DanyMoenindyahHandariniM.A.KeywordsselfefficacyselfesteemprocrastinationStudentsofthePublicIslamicSeniorHighSchoolProcrastinationisthetendencyofapersontoprocrastinateoraccomplishthetaskthatisfacedwilleventuallyleadtotheanxietybecauseofthetaskisnotresolvedwellandmaximumorevenfailtofinishit.Thefactorsthatcauseprocrastinationincludeselfefficacyandselfesteembehavior.Selfefficacyisapersonsbeliefinabilitytoaccomplishthetasks.SelfesteemisanevaluationprocessthatisaimedatindividualswhowillbeassociatedwiththeprocessofindividualacceptanceStudentsofthePublicIslamicSeniorHighSchoolareconsideredtohaveatendencytodoprocrastinationsincetheeducationatPublicIslamicSeniorHighSchoolhastendedanidealandsolidlearningmodelwiththeadditionofadeeperreligiousknowledge.Thereforethisresearchaimsatdeterminingwhetherthereisarelationshipbetweenself-efficacyandselfesteemwithprocrastinationbehaviorofthestudentsofthePublicIslamicSeniorHighSchoolofMalang.Thisresearchwillalsolookattherelationshippartiallybetweenselfefficacywithprocrastinationandselfesteemwithprocrastination.Thisresearchusedthestepsinquantitativeapproachofcorrelationofmultipleregressiontypenamely(1)formulatingproblemsanddeterminingresearchpurpose(2)determiningconceptanddiggingofliteraturestudy(3)takingsample(4)makingandarranginginventory5)conductingfieldtest(6)processingdata(7)analyzingandreporting.Theinstrumentusedthescaleandconsistedofthreescales.Firstthescaleofself-efficacynamelytheChildrensPerceivedAcademicSelf-EfficacySubscalefromTheMorgan-JinksStudentEfficacyScale(MJSES)thatwasdevelopedbyJinksandMorgan(1999)whichhadbeentranslatedfirstbefore.SecondtheselfesteemscalenamelytheCoopersmithSelfEsteemInventory(CSEI)thatwasadaptedfromMangantes(2005).ThirdthescaleofprocrastinationnamelythescaleofprocrastinationwhichisbasedonFerraritheorythatwasadaptedfromUke(2016).DataanalysistechniqueuseddescriptiveanalysistodeterminefrequencypercentageandstandarddeviationbesidesitwasalsousedmultipleregressioncorrelationanalysistechniquetoseetherelationbetweenvariablesanalysiswasdonewiththehelpofprogramSPSS23.0forwindows.Theresultsshowedthatthelevelofself-efficacyselfesteemandprocrastinationoftheStudentsofthePublicIslamicSeniorHighSchoolofMalangincludedmoderatecriteria.Hypotheticalresultsshowedthattherelationshipbetweenselfefficacyandselfesteemhadasignificantrelationshipwiththevalueofp000.TherelationshipbetweenvariablesincludedintomoderatecriteriawithvalueofR432.Partiallyitwasobtainedcalculationresultthattherelationshipbetweenselfefficacywithprocrastinationhadaverysignificantrelationshipwiththevalueofp.015.Therelationshipofbothenteredintolowcriteriawithvalueofr-2443.selfesteemwithprocrastinationhadverysignificantrelationwithvalueofp000.Therelationshipofbothwasincludedinthehighcriteriawiththevalueofr-8.056.Fromthetestresultscouldbeinterpretedthatthereisanegativerelationshipbetweenthevariablesmeantthatifselfefficacyandselfesteemishighsotheprocrastinationislowonthecontraryifselfefficacyandselfesteemarelowsotheprocrastinationishigh.Selfefficacyandselfesteemhasacontributionof18.7%intheformationofprocrastinationbehavior.Thisshowsthatselfefficacyandselfesteemaccountedfor18.7%ofinfluencefortheformationofprocrastinationbehavior.Suggestionsforcounselorsbasedonthisresearchisthatcounselorscanhelpimproveselfefficacyandselfesteemtopreventprocrastinationbehaviorinstudents.Whileforthenextresearcherisinordertodevelopproductormediatoincreaseselfefficacyandselfesteemwhichaimtoreduceandpreventprocrastinationbehaviorinstudent.