Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Malang pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan tahun ajaran 2009/201
Main Author: | Wulansari, Indah Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21751/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulansariIndahSri.2010.PengaruhPenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeSTAD(StudentTeamAchievementDivision)terhadapHasilBelajardanKemampuanBerpikirTingkatTinggiSiswaKelasXIIPASMANegeri7MalangpadaMateriPokokKelarutandanHasilKaliKelarutanTahunAjaran2009/2010.SripsiJurusanPendidikanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(II)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.KataKunciPembelajaranKooperatifSTADhasilbelajardankemampuanberpikirtingkattinggiPembaharuanparadigmapendidikandaribehaviorismemenujukekontrukstivismemendorongdilakukannyapembaharuandalambidangpendidikantermasukdalampembelajarankimia.PembaharuandapatdilakukansalahsatunyadenganmenggunakansuatumodelpembelajaranyangbersifatkontrukstivistikyaitupembelajarankooperatiftipeSTAD.Adapuntujuandaripenelitianiniadalahuntuk(1)mendeskripsikanketerlaksanaanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD(2)mengetahuiperbedaanhasilbelajarkognitifsiswa(3)mendeskripsikanhasilbelajarafektifdanpsikomotorsiswadan(4)mendeskripsikankemampuanberpikirtingkattinggisiswakelasXIIPASMANegeri7MalangyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdenganyangdibelajarkansecarakonvensionalpadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkuantitatifdanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign).PopulasipadapenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMANegeri7MalangTahunAjaran2009/2010yangterdiridariempatkelas.SampelpadapenelitianiniadalahsiswakelasXIIPA1(32siswa)sebagaikelaseksperimendanXIIPA2(32siswa)sebagaikelaskontrol.AdapuninstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahinstrumenperlakuanmeliputisilabusRPPLKShands-outdaninstrumenpengukuranyangberupatesdanlembarobservasi.Teknikyangdigunakanuntukmenganalisisdatahasilbelajaradalahanalisisstatistikdeskriptifdanuji-t.SedangkankemampuanberpikirtingkattinggidianalisisberdasarkanpersentasekemampuansiswadalammenjawabdenganbenarpadatingkatansoalC4danC5.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterlaksanaanpembelajarankooperatiftipeSTADpadakelaseksperimensecarakeseluruhandapatberlangsungdenganbaikhaiiniterbuktidaripersentaseketerlaksanaanpadasetiappertemuan(pertemuan(12)92%pertemuanke-3100%pertemuanke-4100%)(2)terdapatperbedaanhasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimendankelaskontroldanberdasarkanujilebihlanjutmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihbaikdarihasilbelajarsiswakelaskontrol(3)hasilbelajarranahafektifdanranahpsikomotorsiswakelaseksperimenlebihbaikdarikelaskontrol.Halinidibuktikandaripersentasepenilaianpsikomotorsiswakelaseksperimenyangmasukkategorisangatbaiklebihbanyakdarikelaskontrolyaitu5469%.Sedangkankelaskontrol125%.Begitujugahasilbelajarranahafektifmenunjukkanbahwapersentasesiswayangmasukkategorisangatbaikpadakelaseksperimenmencapai3437%sedangkankelaskontrol208%(4)kemampuanberpikirtingkattinggisiswakelaseksperimenlebihbaikdarikelaskontrol.HalinidapatdiketahuidaripersentasekemampuansiswadalammenjawabdenganbenarpadatingkatansoalC4danC5kelaseksperimen(80%)lebihtinggidaripadakelaskontrol(61%).