Peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika kelas VIII-C SMP Negeri 1 Wagir melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia / Aloysius Rabata NTFT

Main Author: Rabata, NTFT Aloysius
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18420/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelInkuiriTerbimbingmultimediaketerampilanprosesprestasibelajar.KeterampilanprosesdanprestasibelajarsiswakelasVIII-CSMPN1Wagirmasihrendahdanperluditingkatkan.Penerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmultimediamerupakanupayauntukmeningkatkanketerampilanprosesdanprestasibelajar.Keterampilanprosestersebutmeliputi5aspekyaituketerampilanmengamatimenafsirkanpengamatanmenggunakanalatdanbahanmengajukanpertanyaanmerumuskanhipotesisdanberkomunikasi.Prestasibelajarsiswadalampenelitianinimeliputitigaaspekkemampuanyaitukemampuanmenghafal(C1)kemampuanmenafsirkanpengamatan(C2)dankemampuanmenerapkan(C3).PenelitiandilakukanselamaduasiklusdikelasVIII-CSMPN1Wagirdenganjumlah34siswayangteridiridari15siswalaki-lakidan19siswaperempuandenganmatericahaya.KeterlaksanaanModelInkuiriTerbimbingdiukurdenganmenggunakanLembarKeterlaksanaanModelInkuiriTerbimbing.Keterampilanprosesditunjukkanolehskorperilakudankemampuansiswaselamamelaksanakanpercobaandenganlembarobservasi.Prestasibelajarsiswadiukurdengantespadatiapakhirsiklusdanjugaperolehanpenilaiantugasdanpekerjaanrumahdaritiappertemuan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerampilanprosesdanprestasibelajarsiswameningkatselamapenerapanModelInkuiriTerbimbingberbantuanmultimedia.KeterlaksanaanModelInkuiriTerbimbingberbantuanmultimediameningkatsebesar13.92%dari84.45%padaSiklusImenjadi96.25%padaSiklusII.Keterampilanprosessiswameningkatsebesar9.86%dari74.78%padaSiklusImenjadi84.64%padaSiklusII.Prestasibelajarsiswajugamengalamipeningkatansebesar35%padaobservasiawalmenjadi53%dan88%padaSiklusII.KesimpulanpenelitianiniadalahpenerapanModelInkuiriTerbimbingberbantuanmultimediadapatmeningkatkanketerampilanprosesdanprestasibelajarsiswakelasVIII-CSMPN1Wagir.