Pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 berbasis REACT pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa kelas VII SMP / Zidna Al'Azizah Rosshofa

Main Author: Rosshofa, Zidna Al'Azizah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16049/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRosshofaZidnaAlAzizah.2017.PengembanganPerangkatPembelajaranBerdasarkanKurikulum2013BerbasisREACTPokokBahasanPertidaksamaanLinearSatuVariabeluntukKelasVIISMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HerySusantoM.Si.KatakunciperangkatpembelajaranKurikulum2013strategiREACTPerangkatpembelajaranadalahsekumpulansumberbelajaryangmemungkinkankegiatanpembelajaranberlangsung.Perangkatpembelajaranmenjadipedomanbagigurudalammelaksanakanpembelajarandanmemudahkangurusebagaifasilitator.PerangkatpembelajaranyangperludikembangkanadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS).BerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurudiSMPNegeri2MalangRPPyangdikembangkansudahsesuaidenganKurikulum2013namunRPPdanLKSyangdikembangkanuntukmateripertidaksamaanlinearsatuvariabelbelummaksimalkarenaLKSyangdigunakanberasaldaridistributorLKSbukanhasilpengembanganguruyangsesuaidengankondisisiswa.StrategipembelajaranyangdapatditerapkanadalahstrategipembelajaranREACT.StrategipembelajaraninidapatdigunakandiSMPNegeri2Malangkarenasiswadapatmengetahuikonsepmateriajaruntukditerapkandikehidupansehari-hari.Melaluistrategiinisiswaterlibatlangsungdalampembelajarandanmenemukankonsepmerekasendiri.TujuanpenelitianiniadalahmengembangkandanmenghasilkanperangkatpembelajaranpokokbahasanpertidaksamaanlinearsatuvariabelberbasisREACTsesuaiKurikulum2013untuksiswakelasVIISMPyangmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.PerangkatpembelajarandikembangkanmenggunakanmodelPlompterdiridarifasepreliminaryresearchprototypingphasedanassessmentphase.Perangkatpembelajaraninimelaluitigatahapujiyaituujikevalidandilakukanolehsatuorangdosenmatematikadansatuoranggurumatematikaujikepraktisandilakukanolehobserverdenganmengamatiaktivitasgurudansiswasertaujikeefektifandilakukansiswadenganmengerjakanujipemahaman.BerdasarkananalisisdataperangkatpembelajarandinyatakanvaliddenganskorkevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah309dan306.Perangkatpembelajaranjugadinyatakanpraktisdenganrata-ratanilaikepraktisanberdasarkanaktivitasgurudanaktivitassiswaberturut-turutadalah353dan340.Namunperangkatpembelajarantidakmemenuhiaspekkeefektifankarenatingkatkeefektifanyangdiperolehhanya375%.BerdasarkanpengamatanpenelitiketidakefektifanperangkatpembelajaraninidipengaruhiolehsikapsiswaketikaprosesbelajarkemampuangurudalammanajemenkelasdanbahanajarberupaLKS.Olehkarenaitusebelummengajarguruperlumengantisipasifaktor-faktorkendalayangmunculketikapembelajaranberlangsung.