Penerapan pembelajaran problem solving strategi polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah lingkaran bagi siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Malang / Harwati
Main Author: | Harwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15856/ |
Daftar Isi:
- Harwati.2012.PenerapanPembelajaranProblemSolvingStrategiPolyaUntukMeningkatkanKemampuanMemecahkanMasalahLingkaranBagiSiswaKelasVIIICSMPNegeri4Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.CholisSadijahM.PdM.A.KataKunciProblemSolvingStrategiPolyaKemampuanMemecahkanMasalahBerdasarkanwawancarakepadagurupengajarmatematikakelasVIIIdanobservasiawalyangdilakukandiSMPNegeri4Malangdiketahuibahwadalammengerjakansoalsiswahanyamenggunakaningatandanhafalanrumus.Siswatidakmenggunakanpemahamandanpenalaransehinggadalammengerjakansoalsiswaseringsalahmenggunakanrumusuntukmenyelesaikansoal.Halinimenunjukkanbahwakemampuanmemecahkanmasalahsiswamasihrendahdanpenyebabnyaadalahkarenadalamprosespembelajarangurutidakmengajaksiswauntukberpikirkritisdantidakmemberikankesempatankepadasiswauntukmembangunpemahamanterhadapkonsepmateriyangdipelajari.Untukmengatasimasalahtersebutguruperlumenggunakanpembelajaranyangdapatmenuntunsiswauntukmemahamimasalahmenyusunpenyelesaianmasalahkemudianmenyelesaikansuatumasalahberdasarkankonsepyangtelahdimiliki.OlehkarenaitupembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahProblemSolvingdenganstrategiPolyaPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikantentanglangkah-langkahpembelajaranProblemSolvingstrategiPolyayangdapatmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasVIII-CSMPNegeri4Malangpadamaterilingkaran.12288122881228812288Jenispenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).PenelitiandilaksanakanpadaminggupertamasampaimingguketigabulanMaret2014.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIICSMPNegeri4Malangdenganjumlah38siswaterdiridari16siswalaki-lakidan22siswaperempuan.Datapenelitiandiperolehdarihasilobservasipelaksanaanpembelajaranhasilcatatanlapangandanhasiltesakhirsiklus.Datatersebutdianalisiskemudiandibahasdanpadaakhirnyaditariksuatukesimpulan.12288122881228812288DatahasilanalisispenelitianmenunjukkanbahwasetelahditerapkanpembelajaranProblemSolvingdenganstrategiPolyapadapokokbahasanlingkaranyangdilaksanakandalamempattahapyaitu(1)memahamimasalahdenganmemberikanilustrasiberupagambardanbacaan(2)menyusunrencanapemecahanmasalahdenganmenyatakankembalipermasalahandenganbahasasiswasendiri(3)melaksanakanrencanapemecahanmasalahyangtelahdibuatsecaraindividu(4)mengecekkembalijawabanyangdiperolehdenganpresentasidansiswadiarahkanuntukmencaripenyelesaianyanglebihmudahdapatmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahmatematikasiswakelasVIIICSMPNegeri4Malangpadapokokbahasanlingkaran.122881228812288Kriteriakeberhasilanpadapenelitianiniadalahkemampuansiswadalammemecahkanmasalahmatematikapadaakhirsiklusyangditunjukkandarihasil.testulispadamaterilingkaranmenunjukkanbahwapresentaseminimal85%siswamemperolehnilailebihatausamadengan85.PadaakhirsiklusIdilakukantesdarihasiltestersebutdiperolehbahwapersentasejumlahsiswayangmemperolehnilailebihatausamadengan85adalahsebesar7368%.HalinimenunjukkanbahwasiklusIpadapenelitianinibelumdapatdikatakanberhasilberdasarkankriteriakeberhasilan.DengandemikiandilakukanupayaperbaikanpadasiklusII.PadahasiltesakhirsiklusIIdiperolehpersentasejumlahsiswayangmemperolehnilailebihatausamadengan85mencapai8947%.SehinggasiklusIIpadapenelitianinisudahmencapaikriteriakeberhasilandansiklusdapatdihentikan.