Penerapan pembelajaran melalui strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII-D SMP Islam Almaarif 01 Singosari / Lia Putri Lestari

Main Author: Lestari, Lia Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15431/
Daftar Isi:
  • Katakuncirelatingexperiencingapplyingcooperatingdantransferring.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklus.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII-DSMPIslamAlmaarif01Singosariyangterdiridari40siswadanpengambilandatanyadiambilpadabulanJanuari2011.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasetelahditerapkanpembelajaranmelaluistrategiREACTpadatahaprelatingsiswadapatmengungkapkanhubunganTeoremaPythagorasdengankehidupansehari-hari.PadatahapexperiencingsiswabisamenemukansendirirumusTeoremaPythagorasdanmenggunakannyauntukmenyelesaikanmasalahsehari-haripadatahapapplying.KemudianpadatahaptransferringsiswabisamenyelesaikanmasalahpadakonteksbaruyangmasihberhubungandenganmateriTeoremaPythagoras.Danmelaluidiskusikelompokpadatahapcooperatingsiswatidakmerasacanggunglagidalambekerjasamadengansiswalain.PemahamansiswaterhadapmateriTeoremaPythagorasjugameningkat.Haliniditunjukkandenganmeningkatnyapersentaseketuntasanbelajarsiswasecaraklasikaldarisebelumtindakanyaitu30%dengankategoricukupmenjadi5385%dengankategoribaikpadasiklusIdan8153%dengankategorisangatbaikpadasiklusII.SelainitutingkatkeberhasilanketerlaksanaanpembelajaranmelaluistrategiREACTolehgurudansiswadalamkategoribaikpadasiklusIdansangatbaikpadasiklusII.SehinggapembelajaranmelaluistrategiREACTinilayakdikembangkandalampembelajaranmatematika.strategiREACTpemahamanTeoremaPythagorasMenurutpengamatandanhasilwawancaradengangurumatematikadiSMPIslamAlmaarif01Singosariprosespembelajaranmasihberpusatpadaguru.Guruhanyamemberikanrumustanpamenuntunsiswabagaimanacaraatauprosesmendapatkanrumustersebut.Sehinggasiswacenderunghafalandantidakbegitupahamdenganmateriyangdipelajari.Haliniterlihatketikasiswadiberikansuatusoalyangsedikitrumitsiswamasihmengalamikesulitandalammengerjakannyawalaupunmerekasudahhafaldenganrumusyangberhubungandengansoaltersebut.Selainitusiswamenjadipasifkarenatidakpernahdilibatkansecaraaktifdalammenemukanrumusmaupunmengerjakansoal.DiketahuijugabahwanilaitessiswayangmencapaiKKMmasihrendahsehinggapemahamansiswaterhadapmaterimasihperluditingkatkan.OlehkarenaitudalampenelitianiniditerapkanpembelajaranmelaluistrategiREACTyangdiharapkandapatmeningkatkanpemahamansiswaterhadapmateriTeoremaPythagorasmelaluitahapan