Penerapan pembelajaran melalui strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII-D SMP Islam Almaarif 01 Singosari / Lia Putri Lestari
Main Author: | Lestari, Lia Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15431/ |
Daftar Isi:
- Katakuncirelatingexperiencingapplyingcooperatingdantransferring.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklus.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII-DSMPIslamAlmaarif01Singosariyangterdiridari40siswadanpengambilandatanyadiambilpadabulanJanuari2011.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasetelahditerapkanpembelajaranmelaluistrategiREACTpadatahaprelatingsiswadapatmengungkapkanhubunganTeoremaPythagorasdengankehidupansehari-hari.PadatahapexperiencingsiswabisamenemukansendirirumusTeoremaPythagorasdanmenggunakannyauntukmenyelesaikanmasalahsehari-haripadatahapapplying.KemudianpadatahaptransferringsiswabisamenyelesaikanmasalahpadakonteksbaruyangmasihberhubungandenganmateriTeoremaPythagoras.Danmelaluidiskusikelompokpadatahapcooperatingsiswatidakmerasacanggunglagidalambekerjasamadengansiswalain.PemahamansiswaterhadapmateriTeoremaPythagorasjugameningkat.Haliniditunjukkandenganmeningkatnyapersentaseketuntasanbelajarsiswasecaraklasikaldarisebelumtindakanyaitu30%dengankategoricukupmenjadi5385%dengankategoribaikpadasiklusIdan8153%dengankategorisangatbaikpadasiklusII.SelainitutingkatkeberhasilanketerlaksanaanpembelajaranmelaluistrategiREACTolehgurudansiswadalamkategoribaikpadasiklusIdansangatbaikpadasiklusII.SehinggapembelajaranmelaluistrategiREACTinilayakdikembangkandalampembelajaranmatematika.strategiREACTpemahamanTeoremaPythagorasMenurutpengamatandanhasilwawancaradengangurumatematikadiSMPIslamAlmaarif01Singosariprosespembelajaranmasihberpusatpadaguru.Guruhanyamemberikanrumustanpamenuntunsiswabagaimanacaraatauprosesmendapatkanrumustersebut.Sehinggasiswacenderunghafalandantidakbegitupahamdenganmateriyangdipelajari.Haliniterlihatketikasiswadiberikansuatusoalyangsedikitrumitsiswamasihmengalamikesulitandalammengerjakannyawalaupunmerekasudahhafaldenganrumusyangberhubungandengansoaltersebut.Selainitusiswamenjadipasifkarenatidakpernahdilibatkansecaraaktifdalammenemukanrumusmaupunmengerjakansoal.DiketahuijugabahwanilaitessiswayangmencapaiKKMmasihrendahsehinggapemahamansiswaterhadapmaterimasihperluditingkatkan.OlehkarenaitudalampenelitianiniditerapkanpembelajaranmelaluistrategiREACTyangdiharapkandapatmeningkatkanpemahamansiswaterhadapmateriTeoremaPythagorasmelaluitahapan