Pembelajaran dengan pendekatan open-ended untuk memahamkan siswa pada materi segiempat kelas VII-I SMP Negeri 1 Singosari / Nur Yuli Asih
Main Author: | Asih, Nur Yuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15414/ |
Daftar Isi:
- Katakunciopen-endedopen-endedyaitumetodeyangmenyajikansuatupermasalahandenganpenyelesaianyangtidaktunggalsehinggamengambangkanpolapikirsiswayangkreatif.PenelitianinidilaksanakandengansubjekpenelitiansiswakelasVII-ISMPNegeri1Singosari.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantujuanuntukmendeskripsikanbagaimanapenerapanpembelajaranopenendeddalammemahamkansiswakelasVIIISMPNegeri1Singosaripadamaterisegiempat.Pembelajaranopen-endedpadamaterisegiempatmelalui3tahapPadatahapawalsiswa(a)diberiinformasimengenaimaterisegiempatmeliputiidentifikasisifat-sifatsegiempatditinjaudarisudutdiagonaldansisi-sisinya(b)dikelompokkan(c)diberimotivasidengancaramemberitahukankepadamerekabahwadiakhirtindakanmerekaakandiberihadiahdanpenghargaanbagikelompokdansiswaterbaikyangdipilihberdasarkankeaktifandanskortes.Padatahapintisiswa(a)diberisoal-soalopen-endedpadaLKSuntukdikerjakansecaraberkelompok(b)diberiwaktuuntukmengerjakanLKSdandiskusikelompokdan(c)dimintauntukmelakukandiskusikelashinggamembuatkesimpulan.Padatahapselanjutnyadalammodelpembelajaranopen-endedadalahtahapakhir.SiswabersamagurumengadakanrefleksidenganmengulangkembalimaterisegiempatdanmembuatkesimpulanDaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmelaluiopen-endeddenganlangkah-langkahyangsudahdisebutkandapatmemahamkansiswadidasarkanpadahasilpenelusuransoaltesdanLKS.RataratahasiltessiklusIsebesar7435%dansiklusIIsebesar941%.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutpembelajaranmatematikamelaluiopen-endeddapatdigunakanuntukmemahamkansiswapadamaterisegiempat.Open-EndedMemahamkandanSegiempatmatematikamerupakanilmuuniversalyangmendasariperkembanganteknologimodernmempunyaiperanpentingdalamberbagaidisiplinilmudanmemajukandayapikirmanusiaakantetapitidaksedikitsiswamengalamikesulitandalampembelajaranmatematika.Pemahamansiswayangkurangdalampembelajaranmatematikadisebabkansiswatidakdapatmengembangkanpolaberpikirkreatif.Tidakberkembangnyapolaberpikirkreatifsiswakarenagurumemandangbahwapembelajaranmatematikasebagaisuatuhasilatauprodukbukanproses.sehinggamengakibatkansiswatidakterlibatbaiksecarafisik(bekerja)maupunsecaramental(berpikir)dalamkegiatanpembelajaran.Tidakterlibatnyasiswadalamkegiatanpembeajaranmenyebabkansiswamenjadipasifdancenderunghanyamendengarkanpenjelasandariguru.Olehkarenaitudiperlukannyasuatumetodepembelajaran