Pembelajaran dengan pendekatan open-ended untuk memahamkan siswa pada materi segiempat kelas VII-I SMP Negeri 1 Singosari / Nur Yuli Asih

Main Author: Asih, Nur Yuli
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15414/
Daftar Isi:
  • Katakunciopen-endedopen-endedyaitumetodeyangmenyajikansuatupermasalahandenganpenyelesaianyangtidaktunggalsehinggamengambangkanpolapikirsiswayangkreatif.PenelitianinidilaksanakandengansubjekpenelitiansiswakelasVII-ISMPNegeri1Singosari.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantujuanuntukmendeskripsikanbagaimanapenerapanpembelajaranopenendeddalammemahamkansiswakelasVIIISMPNegeri1Singosaripadamaterisegiempat.Pembelajaranopen-endedpadamaterisegiempatmelalui3tahapPadatahapawalsiswa(a)diberiinformasimengenaimaterisegiempatmeliputiidentifikasisifat-sifatsegiempatditinjaudarisudutdiagonaldansisi-sisinya(b)dikelompokkan(c)diberimotivasidengancaramemberitahukankepadamerekabahwadiakhirtindakanmerekaakandiberihadiahdanpenghargaanbagikelompokdansiswaterbaikyangdipilihberdasarkankeaktifandanskortes.Padatahapintisiswa(a)diberisoal-soalopen-endedpadaLKSuntukdikerjakansecaraberkelompok(b)diberiwaktuuntukmengerjakanLKSdandiskusikelompokdan(c)dimintauntukmelakukandiskusikelashinggamembuatkesimpulan.Padatahapselanjutnyadalammodelpembelajaranopen-endedadalahtahapakhir.SiswabersamagurumengadakanrefleksidenganmengulangkembalimaterisegiempatdanmembuatkesimpulanDaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmelaluiopen-endeddenganlangkah-langkahyangsudahdisebutkandapatmemahamkansiswadidasarkanpadahasilpenelusuransoaltesdanLKS.RataratahasiltessiklusIsebesar7435%dansiklusIIsebesar941%.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutpembelajaranmatematikamelaluiopen-endeddapatdigunakanuntukmemahamkansiswapadamaterisegiempat.Open-EndedMemahamkandanSegiempatmatematikamerupakanilmuuniversalyangmendasariperkembanganteknologimodernmempunyaiperanpentingdalamberbagaidisiplinilmudanmemajukandayapikirmanusiaakantetapitidaksedikitsiswamengalamikesulitandalampembelajaranmatematika.Pemahamansiswayangkurangdalampembelajaranmatematikadisebabkansiswatidakdapatmengembangkanpolaberpikirkreatif.Tidakberkembangnyapolaberpikirkreatifsiswakarenagurumemandangbahwapembelajaranmatematikasebagaisuatuhasilatauprodukbukanproses.sehinggamengakibatkansiswatidakterlibatbaiksecarafisik(bekerja)maupunsecaramental(berpikir)dalamkegiatanpembelajaran.Tidakterlibatnyasiswadalamkegiatanpembeajaranmenyebabkansiswamenjadipasifdancenderunghanyamendengarkanpenjelasandariguru.Olehkarenaitudiperlukannyasuatumetodepembelajaran