Pengembangan bahan ajar menyimak dongeng untuk siswa kelas VII SMP/MTs / Fitri Nur Wijayanti
Main Author: | Wijayanti, Fitri Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143018/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembanganbahanajarmenyimakdongengSMP/MTs.Penelitianpengembanganinidilatarbelakangiolehkenyataanbahwasiswakesulitandalammenentukankemenarikandongeng.Haltersebutdisebabkanolehsedikitnyateoriyangadasehinggamerekakesulitandalammenentukanhalsepertiapayangdianggapmenarik.Selainitusedikitpulabahanajaryangmengkhususkanpadaapresiasisastrauntukanak-anak.Begitupuladalamhalmerelevansikanisidongeng.Hal-halapasajayangdapatdirelevansikanjugamenjadimasalahbagimereka.Olehkarenaitudiperlukanbahanajaryangmenyajikanteori-teoriyangmerekabutuhkan.Bahanajarjugasebaiknyamemuattujuanpembelajaranmatericontohlatihanevaluasirefleksiyangdikemasdalamtampilanyangmenarikdenganpemilihanwarnatataletakdanjugailustrasiyangsesuai.Siswayangmasihtergolonganak-anakmenyukaisegalasesuatuyangsantaidanmenghibur.Salahsatunyaadalahdenganmediamenyimakyangberupafilmkartun.Anak-anaksangatgemarmenontonfilmkartunditelevisi.Kondisisepertiinilahyangperludisadari.Denganmenggunakanfilmkartunsebagaibahansimakandongengdiharapkansiswaakanlebihtertariksehinggamerekalebihmemahamiisidongengtersebutdenganmenyimaknarasidialogdanjugasekaligusmelihatadegan-adegantokohfilmkartuntersebut.Penelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembangan(ResearchDevelopment)BorgdanGall.DarimodelpenelitianyangdilakukanBorgdanGall(1983775)tersebutpenelitimengadaptasinyasebagaiberikut(1)tahapprapengembangan(persiapan)(2)tahappengembanganproduk(3)tahapujicobaprodukdan(4)tahappascapengembangan.Pelaksanaanpengembangandilakukanberdasarkantemuananalisiskebutuhanbahanajaryangdilakukanpadatahapprapengembangan.Produkhasilpengembanganselanjutnyadiujicobakanuntukmengetahuikelayakanprodukyaknimelaluiempatkelompokujiyangmeliputi(1)ujiahlipembelajarandongeng(2)ujiahlimateridongeng(3)ujipraktisiyaknigurukelasVIISMP(4)ujilapangan(siswa).Penyajiandataujicobadiklasifikasikanberdasarkanintidaritujuanpengembanganyaituaspekisipenyajianpaparanbahasadantampilanbahanajar.Datanumerikhasilujiprodukdipersentasesesuaidenganpedomaninterpretasikelayakanprodukagardapatdiketahuitindaklanjutdariprodukyaitudiimplementasikanataudirevisi.Datakuantitatifyakniberupadataskoryangdiperolehdarihasilangketpenilaianahlipraktisidansiswaterhadapproduk.Datakualitatifdibedakanmenjadidatatertulisdandatalisan.Datatertulisberupacatatankomentarkritikmaupunsaran-saranyangdituliskanolehsubjekcobapadalembarpenilaianataupundalamformatujilapangansedangkandatakualitatiflisanberupainformasilisanketikawawancaralangsungdenganketigakelompokuji.Hasilwawancaraselanjutnyaditranskripsikanagardapatdianalisis.iiiFokuspenilaianolehsiswaberkaitandenganmediamenyimakmeliputi(1)kejelasansuaravideodongeng(2)kejelasanperistiwa-peristiwayangadadalamvideo(3)kemenarikanisidongengyangdipilih(4)kejelasanbahasayangdigunakandalamvideo.Komponen-komponentersebutmendapatskorsebesar875%829%943%dan92%.Darikeempatkomponentersebuttergolongmediainisangatlayakdandapatdiimplementasikan.Fokuspenilaianolehsiswaberkaitandenganbukuinimeliputi(1)kemudahandalammemahamimateridongeng(2)kemudahandalammemahamilatihan(3)kemudahandalammemahamipetunjukpengerjaan(4)kejelasanbahasayangdigunakan(5)kemenarikansampul(6)kemenarikangambardanilustrasi(7)kemenarikanwarnayangdipilihdan(8)kesesuaianukurandanwarnahuruf.Berdasarkanlampiran11secaraberturut-turutkomponentersebutmendapatskorsebesar987%864%84%886%875%966%954%943%.Selaindatapenilaiantersebutjugadiperolehdataverbaltertulispadakolomcatatandandataverbalyangditranskripsikandarihasilwawancarabebasdengankelompokuji.Adapunbeberapasarandankritikyangdisampaikanyaitu(1)bahanajarlangsungpadalangkahpembelajaran(2)tidakperluterlalubanyakteori(3)buanghalaman-halamanyangkurangbermanfaat(4)persebaranbutirpembelajaransebaiknyadihilangkanataudiletakkandibagianakhirbukukarenabahanajarinidigunakanolehanakbukanolehguru(5)dibagiandepansebaiknyaditambahkanceritamotivasiatauanekdotagarsiswatertarik(6)bahasayangdigunakandalambahanajarsebaiknyamenggunakanbahasaanakanak(padabagiansapapenulisdanketeranganisibuku)(7)gunakangambar-gambaryanglucudalambukuagarsiswalebihtertarik(8)definisidongengdanlegendaberbedalegendabukanbagiandaridongeng(9)tandabacakhususnyapemenggalankatadisesuaikandenganEYD(10)petunjukpengerjaanlebihdiperjelas(11)coverkurangcerahdanperluditambahkanhiasan-hiasanagarlebihmenarik.Berdasarkanhasilbeberapaujimenunjukkanbahwaprodukbahanajartergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Dengandemikianhasilpenelitianpengembanganbahanajarinidiharapkandapatmemberikanmanfaatdansaranbagibeberapapihak.Bagigurudiharapkanpenelitianpengembanganinidapatdimanfaatkanuntukmenyusunbahanajarlebihkreatif.Bagipenelitilainprosedurpenelitianpengembanganbahanajarinidapatmenjadipedomanuntukmelakukanpenelitianserupa.SelanjutnyaprodukpengembangandapatdisebarluaskandalamforumMGMPdanditulisdalamjurnalpenelitian.