Peningkatan kemampuan berkarya cetak sablon melalui model explicit instruction kelas IXD SMP negeri 1 Singosari / Agus Sumarsono
Main Author: | Sumarsono, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12575/ |
Daftar Isi:
- KatakunciBerkaryaCetakSablonModelExplicitInstruction.PenelitiantindakankelasinidilaksanakandenganpertimbanganbahwakemampuanberkaryacetaksablonsiswaSMPNegeri1SingosariMalangbelumnaksimal.Haltersebutdisebabkankurangnyasaranadanprasaranauntukberkaryacetaksablondikarenakandalamberkaryacetaksablonsangatmemerlukanketrampilandanketelitianyangsangattinggi.OlehkarenaitupenerapanmodelExplicitInstructiondiberikansebagaiupayauntukmeningkatkanhasilbelajarcetaksablonsiswakelasIXDSMPN1Singosaritahunpelajaran2010/2011.Pembelajaransenicetaksablonmenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanmelaluitahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pengumpulandatanyameliputiteknikpengamatan/observasiteknikwawancarasiswadanteknikdokumentasi.DengansubyekpenelitiansiswakelasIXDSMPNegeri1SingosariMalang.Penelitianiniterdiridariduasiklussetiapsiklusterdiridariduapertemuan.PadasiklussatupesertadidikdiberipembelajaranmateriteorisablondanpraktekcetaksablonmenggunakanmetodeceramahdanmodelExplicitInstruction.PemahamanaktivitasdankemampuansiswadalamcetaksablonpadasiklussatumenggunakanmetodeceramahdanmodelExplicitInstructiontersebutmasihbelummaksimalsetelahditelitirata-ratanilaihasilakhirpesertadidikkelasIXDpadasiklussatusebesar6945(enampuluhsembilankomaempatpuluhlima)yangberartibelummencapaikriteriaketuntasanminimal(KKM)matapelajaransenibudayayangtelahditetapkanSMPN1Singosarisebesar77.SedangkanpadasikluskeduapesertadidikkelasIXDdiberimateriteoricetaksablondalambentukLKSdanpraktekcetaksablonmenggunakanmodelExplicitInstructiondenganlangkahpembelajaranyangurutsistimatissetahapdemisetahapdenganpembimbinganyanglebihintensifsertaseringdilakukanberulang-ulang.Pemahamanaktivitasdankemampuansiswapadapembelajaranmatericetaksablonmengalamikenaikan.Semulapadasiklussatusebesar6945(enampuluhsembilankomaempatpuluhlima)padasiklusduanaikmenjadi8143(delapanpuluhsatukomaempatpuluhtiga)BerdasarkanhasilpenelitianbisadisimpulkanpembelajarancetaksablonmenggunakanLKSmelaluimenggunakanmodelExplicitInstructionlebihdapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.SebagaiimplikasinyaperludilakukanupayapeningkatanprestasihasilbelajarpadapelajarancetaksablonmenggunakanPendekatanmodelExplicitInstruction.DengandemikianpendekatanmodelExplicitInstructionakanmendorongterciptanyapembelajaranyangmenyenangkankreatifefektifdaninovatif.