Peningkatan kemampuan berkarya cetak sablon melalui model explicit instruction kelas IXD SMP negeri 1 Singosari / Agus Sumarsono

Main Author: Sumarsono, Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12575/
Daftar Isi:
  • KatakunciBerkaryaCetakSablonModelExplicitInstruction.PenelitiantindakankelasinidilaksanakandenganpertimbanganbahwakemampuanberkaryacetaksablonsiswaSMPNegeri1SingosariMalangbelumnaksimal.Haltersebutdisebabkankurangnyasaranadanprasaranauntukberkaryacetaksablondikarenakandalamberkaryacetaksablonsangatmemerlukanketrampilandanketelitianyangsangattinggi.OlehkarenaitupenerapanmodelExplicitInstructiondiberikansebagaiupayauntukmeningkatkanhasilbelajarcetaksablonsiswakelasIXDSMPN1Singosaritahunpelajaran2010/2011.Pembelajaransenicetaksablonmenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanmelaluitahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pengumpulandatanyameliputiteknikpengamatan/observasiteknikwawancarasiswadanteknikdokumentasi.DengansubyekpenelitiansiswakelasIXDSMPNegeri1SingosariMalang.Penelitianiniterdiridariduasiklussetiapsiklusterdiridariduapertemuan.PadasiklussatupesertadidikdiberipembelajaranmateriteorisablondanpraktekcetaksablonmenggunakanmetodeceramahdanmodelExplicitInstruction.PemahamanaktivitasdankemampuansiswadalamcetaksablonpadasiklussatumenggunakanmetodeceramahdanmodelExplicitInstructiontersebutmasihbelummaksimalsetelahditelitirata-ratanilaihasilakhirpesertadidikkelasIXDpadasiklussatusebesar6945(enampuluhsembilankomaempatpuluhlima)yangberartibelummencapaikriteriaketuntasanminimal(KKM)matapelajaransenibudayayangtelahditetapkanSMPN1Singosarisebesar77.SedangkanpadasikluskeduapesertadidikkelasIXDdiberimateriteoricetaksablondalambentukLKSdanpraktekcetaksablonmenggunakanmodelExplicitInstructiondenganlangkahpembelajaranyangurutsistimatissetahapdemisetahapdenganpembimbinganyanglebihintensifsertaseringdilakukanberulang-ulang.Pemahamanaktivitasdankemampuansiswapadapembelajaranmatericetaksablonmengalamikenaikan.Semulapadasiklussatusebesar6945(enampuluhsembilankomaempatpuluhlima)padasiklusduanaikmenjadi8143(delapanpuluhsatukomaempatpuluhtiga)BerdasarkanhasilpenelitianbisadisimpulkanpembelajarancetaksablonmenggunakanLKSmelaluimenggunakanmodelExplicitInstructionlebihdapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.SebagaiimplikasinyaperludilakukanupayapeningkatanprestasihasilbelajarpadapelajarancetaksablonmenggunakanPendekatanmodelExplicitInstruction.DengandemikianpendekatanmodelExplicitInstructionakanmendorongterciptanyapembelajaranyangmenyenangkankreatifefektifdaninovatif.